Lihat ke Halaman Asli

Wahdana Salsabila

Mahasiswa/Story Teller/Mental Health Activist/Social Activist

Manakah yang Lebih Efisien dalam Proses Humas, Media Digital Atau Media Cetak?

Diperbarui: 17 Juli 2024   12:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media digital seperti internet dan sejenisnya lebih efisien dibandingkan media massa cetak di era modern ini. Namun disisi lain media massa cetak juga masih berperan penting dalam kegiatan Humas. Berikut adalah efisiensi utama masing-masing media dalam kegiatan Humas baik media digital maupun media massa cetak:

  1. Efisiensi Media Digital meliputi:

  • Kecepatan dan Responsivitas

Media digital memungkinkan komunikasi real-time, yang sangat penting dalam situasi krisis atau ketika ada pengumuman mendesak. 

Contohnya adalah perusahaan dapat segera merespons krisis melalui Twitter atau Facebook, memberikan pembaruan setiap menit.

  • Biaya yang Lebih Rendah

Kampanye digital sering kali lebih murah dibandingkan dengan iklan cetak atau publikasi di media massa tradisional.

Contohnya adalah biaya menjalankan iklan di media sosial atau menggunakan email marketing biasanya lebih rendah daripada memasang iklan di surat kabar nasional.

  • Jangkauan yang Lebih Luas dan Global

Internet memungkinkan humas menjangkau audiens global tanpa batasan geografis.

Contohnya adalah kampanye media sosial dapat diakses oleh orang di seluruh dunia, bukan hanya di area distribusi surat kabar tertentu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline