Lihat ke Halaman Asli

Wahdana Salsabila

Mahasiswa/Story Teller/Mental Health Activist/Social Activist

Peran HuMas di Bidang Pemasaran, Periklanan, Publisitas, dan Propaganda

Diperbarui: 16 Juli 2024   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Humas bisa berada di bidang kerja apa saja seperti pemasaran, periklanan, publisitas dan propaganda. Karena bidang Humas memiliki keterkaitan yang erat dengan berbagai bidang kerja, termasuk pemasaran, periklanan, publisitas, dan propaganda. Berikut penjelasan mendetail tentang bagaimana Humas dapat berperan dalam masing-masing bidang tersebut, beserta contoh-contohnya:

1. Pemasaran:

Dalam pemasaran, fungsi Humas terutama terkait dengan membangun dan memelihara citra positif perusahaan atau merek di mata publik. Ini meliputi pengelolaan hubungan dengan pelanggan, mempromosikan produk atau layanan, dan meningkatkan kesadaran merek.

Contoh: Sebuah perusahaan teknologi baru meluncurkan produk terbaru mereka. Tim Humas bekerja sama dengan tim pemasaran untuk mengembangkan strategi komunikasi yang efektif untuk memperkenalkan produk tersebut kepada pasar. Mereka menciptakan kampanye pemasaran yang menyertakan penggunaan media sosial, acara peluncuran produk, dan kerjasama dengan influencer untuk meningkatkan eksposur dan minat terhadap produk.

2. Periklanan:

Dalam periklanan, Humas dapat berperan dalam menyusun pesan dan narasi iklan yang efektif untuk mempromosikan produk atau layanan. Mereka juga dapat mengelola hubungan dengan agen periklanan dan media untuk memastikan pesan yang disampaikan sesuai dengan strategi komunikasi perusahaan.

Contoh: Sebuah agen periklanan bekerja sama dengan tim Humas perusahaan otomotif untuk mengembangkan kampanye iklan televisi yang menarik untuk meluncurkan model mobil baru. Tim Humas memberikan wawasan tentang nilai-nilai merek, target audiens, dan pesan yang ingin disampaikan. Mereka juga memfasilitasi kolaborasi dengan selebritas atau atlet untuk meningkatkan daya tarik iklan.

3. Publisitas:

Humas memainkan peran penting dalam memperoleh eksposur positif untuk perusahaan atau merek melalui media dan saluran komunikasi lainnya. Mereka merencanakan dan melaksanakan strategi untuk mendapatkan liputan pers yang menguntungkan dan meningkatkan citra perusahaan di mata publik.

Contoh: Sebuah perusahaan ritel meluncurkan inisiatif keberlanjutan yang inovatif. Tim Humas mengirimkan rilis pers kepada media yang menyoroti upaya perusahaan dalam mengurangi jejak karbonnya dan berkontribusi pada kesejahteraan lingkungan. Akibatnya, perusahaan mendapat liputan yang luas di media online, cetak, dan televisi, yang membantu meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen.

4. Propaganda:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline