Lihat ke Halaman Asli

Wahadah Atika

Mahasiswa

Tidak Ada Alasan Gagal Move On yang Mengakibatkan Memori Jangka Panjang

Diperbarui: 18 Maret 2021   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kecenderungan pribadi untuk memikirkan banyak hal buruk di masa lalu merupakan salah satu alasan mengapa dia sulit bergerak ke lain hati, entah dari kenangan akan kisah cinta masa lalu ataupun dari figur yang pernah ada dihatinya.

Hal tersebut berkaitan dengan memori kita dimana memori sendiri adalah kumpulan informasi yang dibentuk oleh panca indera. Oleh karena itu, segala sesuatu yang kita lihat, dengar, hirup, dan rasakan akan disimpan di otak sebagai memori. Memori sendiri terdiri dari tiga, yakni memori seksorik, memori jangka pendek, dan memori jangka panjang. Memori sensorik  mencatat informasi atau stimulus untuk masuk yang didukung dari rangsangan panca indera, yaitu melalui penglihatan mata, melalui pendengaran telinga, bau, lidah dan sentuhan melalui kulit. Jika informasi rangsangan ini tidak diperhatikan akan segera dilupakan, tetapi jika memperhatikan hal tersebut kemudian ditransfer ke sistem memori jangka pendek. Sistem memori informasi penyimpanan jangka pendek menyimpan selama sekitar 30 detik saja sekitar tujuh bagian informasi (chunks) Dapat disimpan dan dipelihara di dalam sistem ingatan jangka pendek.  

Setiap memori yang masuk ke dalam memori kita sebenarnya membentuk koneksi baru. Setiap proses yang kita lihat melalui mata dan dengar melalui telinga adalah hal yang menarik, dan proses ini mencapai otak melalui berbagai tahap. Biasanya semua informasi ini akan diproses ke otak, namun ingatan tersebut tidak akan bertahan lama, dan banyak informasi akan segera hilang, yang kita sebut ingatan jangka pendek. 

Kemampuan memori jangka pendek kecil tapi besar perannya dalam pemrosesan memori, yang mana berurusan dengan stimulus dari lingkungan kita. Kapasitas penyimpanan informasi menurut kapasitas pemrosesan tekanannya terbatas. Ingatan jangka pendek digunakan sebagai penyimpanan sementara dapat menyimpan informasi yang sangat terbatas dan terus berubah dalam menanggapi rangsangan. Kelupaan, atau lebih khusus lagi gagal dalam mengingat informasi dari memori.

Sehingga memori jangka pendek adalah informasi yang sedang dipikirkan atau disadari seseorang. Ini juga disebut memori utama atau memori aktif. Data sensorik seperti kejadian dan suara baru disimpan dalam memori jangka pendek. Seperti halnya mengingat nomor telepon dalam buku dengan waktu yang singkat.

Ingatan jangka panjang adalah ingatan tersimpan di otak, bisa diingat kembali di masa depan. Memori ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu memori sekunder dan memori tersier. Memori sekunder disimpan dalam memori lemah, sehingga mudah untuk dilupakan terkadang sulit untuk diingat. Sedangkan memori tersier merupakan ingatan yang melekat dipikiran, hingga bertahan seumur hidup.

Seperti halnya seseorang yang gagal move on, yang diakbatkan semua waktu yang terjadi bersamanya telah tersimpan dalam ingatan, bahkan jika terasa terlalu dalam dan menyakitkan, orang tersebut akan semakin sulit untuk dilupakan. Seseorang mungkin telah memasuki ingatan jangka panjang, yang abadi dan tidak bisa dihilangkan. Oleh karena itu, secara fisik, semua ingatannya ada di otak. Sulit untuk dilukpakan, apalagi ketika kita mengalami peristiwa yang pernah dialami bersama masalalunya maka akan semakin kuat memori tersebut dan sulit untuk dilupakan. Karena memori yang tersimpan tidak dapat diganti dengan memori yang baru.

Permasalahan gagal move on merupakan masalah wajar dialami semua orang yang jatuh cinta pada orang yang salah, atau lebih tepatnya belum jodoh. Hal tersebut dapat diminimalisir dalam menghindari rasa sakit yang berkelanjutan, yakni dnegan berdamai pada keadaan. Jika setiap orang mencapai perdamaian dengan menerima konsekuensi dari masalah ini, setiap orang bisa menyelesaikan masalah yang ada. Ketika sesuatu terjadi, aturlah dengan bijak agar kamu tetap bisa berubah. Kamu masih bisa mengubah masa depan! Karena ketika kamu telah memikirkan bagaimana cara melupakannya, bukankah malah kamu mengingat tentang dia dan meningkatkan ingatan jangka panjang yang telah terbentuk? Carilah aktivitas yang bisa merubah memori masalalu burukmu. Carilah aktivitas baru hingga otomatis menjadi memori jangka panjang dan menjadi sesuatu yang kamu kenal. Jika masih tidak berubah, kamu hanya dapat menemukan jalan keluar lain, yang jauh lebih menarik daripada melanjutkan masalalu buruk dan menciptakan kenangan baru.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline