Lihat ke Halaman Asli

Diperbarui: 27 Januari 2024   11:11

Galeri: Perjalanan Playen-Girisubo

Mulusnya JLS Gunungkidul, Jalan Bebas Hambatan dan Polusi Udara

Pembangunan jalan jalur lintas selatan (JLS) yang menghubungkan tiga kabupaten yaitu: Pacitan, Gunungkudul dan Bantul tinggal menyisakan dua (2) titik. Kedua titik tersebut adalah pembangunan bunderan Planjan Gunungkudul dan Kelok 18 di wilayah Parangtritis Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Kelok 18 Parangtritis Bantul kini dalam proses pengerjaan yang diperkirakan selesai di Tahun 2025. Sedangkan calon bunderan Planjan Gunungkidul sudah dimulai pembongkaran rumah dan bangunan lainnya meskipun belum didatangkan alat berat.

Apabila kedua titik pembangunan jalan tersebut selesai maka jalan JLS Gunungkul sudah terhubungkan diantara ketiga kabupaten tersebut. Pembangunan jalan JLS yang baru saja selesai berada di jalur Tepus-Giriaubo Gunungkidul. Bila kita melewati jalur ini maka kita akan merasakan mulusnya jalan dalam berkendaraan. Di samping itu kita juga akan disuguhi panorama bukit-bukit hijau yang memanjakan mata dan tebing-tebing yang baru dikepras di kiri dan kanan jalan.

Di samping mulusnya jalan JLS yang baru tersebut,  jalur ini juga bebas dari kemacetan karena memang jalannya masih sepi kendaraan yang melintas. Udara juga benar-benar masih bersih, segar dan bebas polusi kendaraan. Suasana ini cocok sekali untuk joging di pagi hari sambil sesekali menikmati pemandangan indah perbukitan.

Namun demikian dibalik mulusnya jalan JLS wilayah Tepus Girisubo, pengguna jalan perlu tetap hati-hati dan konsentrasi dalam berkendaraan.  Jaga kecepatan berkendaraan dan hati-hati di persimpangan jalan, misalnya di perempatan Gesing Tepus, perempatan Balong Girisubo, pertigaan menuju kapanewon Girisubo dan lainnya. Tempat-tempat ini belum dipasang traffic light (lampu lalulintas) dan jalan masih kondusif.

Bagi wisatawan yang berkeinginan piknik di puluhan pantai-pantai indah di Gunungkudul bisa melewati jalan JLS Gunungkidul kemudian belok menuju pantai.

Selamat jalan semoga sampai tujuan.

Penulis: kompasiana.com/wagiyo  Januari 2024.

BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?