Lihat ke Halaman Asli

Wafiq NurAgniati

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Perwakilan Siswi ADEM Tampilkan Tarian Khas Jawa Barat

Diperbarui: 29 Oktober 2022   06:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bandung- Siswi ADEM SMA BPN Bandung menampilkan tarian khas Jawa Barat yakni salah satunya tari sampurasun. Tarian ini dibawakan guna untuk menjadi salah satu media siswi dalam mempertahankan budaya yang ada di tanah pasundan ini.

Tarian ini dibawakan oleh para enam siswi yang memiliki kemampuan menari yang sangat baik, padahal mereka bukan lahir dari tanah sunda, melainkan berasal dari tanah Papua. Namun tentunya bukan berarti mereka melupakan budaya daerah asalnya, namun keenam siswi hebat ini mampu untuk memberanikan diri mengeksplor dirinya untuk bisa mengenal budaya diluar daerahnya.

Siswi-siswi hebat ini diantaranya  Magda, Novia, Tessa, Sipri, Sesilia, dan Irene. Mereka menampilkan tarian tersebut di lapangan sekolah. Dan menariknya keenam siswi tersebut menari dengan tanpa menggunakan pelatih, melainkan menggunakan youtube sebagai media berlatih. Dengan semangat dan antusias yang tinggi walau tanpa pelatih, mereka mampu belajar mandiri dengan sangat baik.

Sebelum menampilkam di lapangan sekolah, mereka pun pernah membawakan tarian sampurasun di suatu acara yang dimana acara tersebut merupakan penyambutan bagi siswa-siswi baru SMA BPN. Itulah alasan mereka membawakan tari sampurasun, karena makna dari kata “sampurasun” ini diartikan sebagai suatu sapaan akrab, maka dari itu arti sampurasun ini dimaknai dengan sambutan hangat.

Wafiq Nur Agniati (Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline