Lihat ke Halaman Asli

Dosen UNSIKA Mendorong Para Mahasiwa/i Melakukan Pemberdayaan Masyarakat

Diperbarui: 7 Desember 2023   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto : Pribadi

(7/12)  Dosen UNSIKA melakukan kegiatan Ulangan Akhir Semester dengan mengganti kegiatan projek seperti penyuluhuna, seminar dan lain - lain. Bapak Dr. Sutarjo,  Drs., M.M.Pd. selaku mata kuliah Strategi dan Metode Pendidikan Masyarakat menginisiasi untuk melakukan sebuah projek sebagai pengganti Ulangan Akhir Semester. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2023 bertempat di PAUD Teratai IX, Teluk Jambe, Karawang.

Pada kali ini saya mendapatkan tugas akhir, artikel ini bertujuan untuk melengkapi tugas akhir mata kuliah Srategi dan Metode Pendidikan Masyarakat. Saya bersama 7 teman saya yang lain melakukan kegiatan penyuluhan ke PAUD Teratai penyuluhan tersebut tentang Kesehatan Gigi untuk anak - anak. 

Menurut Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menyatakan bahwa proporsi terbesar masalah gigi di Indonesia adalah gigi rusak/berlubang/sakit (45,3%). Sedangkan masalah kesehatan mulut yang mayoritas dialami penduduk Indonesia adalah gusi bengkak dan atau keluar bisul (abses) sebesar 14%. 

Maka dari itu kami melakukan penyuluhan tentang kesehatan gigi di karenakan masih kurangnya kesadaran akan merawat kesehatan gigi, sering kali ditemui terdapat anak - anak memiliki masalah pada gigi.

Kami dari kelompok 2 beranggotakan 8 orang melakukan penyuluhan ke PAUD Teratai IX, peserta didik PAUD Teratai berjumlah sekitar 20 peserta didik. Kami membagi menjadi 4 kelompok untuk memegang masing - masing 5 anak, untuk memudahkan kegiatan dalam memberikan edukasi kesehatan gigi melalui video yang sudah disediakan.

Sumber Foto : Pribadi

Terdapat 3 video yang kami perlihatan kepada para peserta didik, untuk kegiatan penyuluhan ini terdapat roundownnya :

1. Pembukaan

2. Pengenalan

3. Pembagian Kelompok

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline