Lihat ke Halaman Asli

Wadkhulli Jannati Priyoko

Mahasiswa/Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pentingnya Memiliki Kesehatan Mental

Diperbarui: 31 Desember 2023   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

KESEHATAN MENTAL

Menurut Daradjat (1988), Kesehatan Mental adalah keharmonisan dalam kehidupan yang terwujud antara fungsi jiwa, kemampuan menghadapi problematika yang dihadapi, serta mampu merasakan kebahagiaan dan kemampuan dirinya secara positif. Kesehatan Mental, tertuju pada kesehatan seluruh bagian perkembangan dari seseorang. Maka dari itu sangat penting untuk kita memperhatikan dan menjaga, baik dari kesehatan fisik, mental maupun sosial. Menurut WHO (The World Health Organization), sehat merupakan kondisi lengkap secara fisik, mental, dan kesejahteraan sosial, tidak ada penyakit dan kelemahan yang dimiliki (Treaties 1946).

Berikut adalah ciri-ciri mental yang sehat Menurut Yusuf (2011) :

  • Terhindar dari gangguan jiwa
  • Mampu menyesuaikan dirinya
  • Mampu memanfaatkan potensi secara maksimal
  • Mampu mencapai kebahagiaan Pribadi dan orang lain

PENTINGNYA MEMILIKI KESEHATAN MENTAL

Raden Roro Nadya Oktaviani, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Nadya mengatakan ada beberapa ruang lingkup kesehatan mental, salah satunya adalah kesehatan mental di sekolah atau di kampus.

Maka dari itu Nadya beserta teman kelasnya mengadakan event Public Relations Campaign, dengan Tema Mental Health. Acara ini juga memiliki beberapa Program, diantaranya take your emotion card, guess the expression, dan sticky mood. Nadya mengatakan tujuan acara ini dilaksanakan adalah agar Mahasiswa Fisip UMJ dapat meningkatkan awarness masyarakat terhadap kesehatan mental nya.

Cara dan waktu yang tepat untuk kita mendiagnosis kesehatan mental berdasarkan opini nya, Nadya mengatakan "Banyak diluar sana memiliki gangguan mental karena faktor keluarganya. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan mental kita sendiri, jika tidak menjaga apa yang kita lakukan nantinya tidak akan maksimal, Kita harus bisa mengenal diri kita snediri dan sadar akan gejala yang kita alami, jika sudah merasa bahwa ada yang salah dalam diri kita, merasa kehilangan jati diri, dan tidak bisa mengendalikan semua perasaan yang kita miliki. Cara dan waktu terbaik untuk bisa mendiagnosis kesehatan mental adalah dengan meluapkannya seperti bercerita dengan orang yang paling dipercayai, memilih lingkungan yang tepat, dan jika merasa bahwa diri kita sudah tidak bisa dikendalikan, saya sarankan untuk konsultasi dengan ahlinya". Tidak sedikit juga mahasiswa yang mengalami kesulitan untuk mengembangkan mentalnya karena masalah yang ada, seperti penyesuaian diri, konflik dengan keluarga atau teman, adanya masalah pribadi, akademis dan masalah lainnya yang bisa menghambat eksplorasi mahasiswa.

 

KESIMPULAN

Makna dari kesehatan mental ialah kondisi yang dialami seseorang tetapi ia tidak memiliki gangguan atau penyakit jiwa, yang membuat ia mampu menyesuaikan diri dengan dirinya sendiri maupun lingkungannya. Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mental, karena jika tidak dijaga akan beresiko tinggi yaitu mengalami gangguan mental yang bisa mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari secara negatif. Maka kesehatan mental merupakan aspek terpenting bagi kita karena ketika kita bisa menjaganya, kita dapat menghadapi tantangan hidup yang lebih baik dan memiliki hubungan yang sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline