Lihat ke Halaman Asli

Waatwahan Albert

Aktivis Desa

Merauke dalam Cengkeraman Kapitalisme

Diperbarui: 3 Oktober 2024   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Penulis: Exen Jontona Presidium Hubungan Perguruan Tinggi pengurus Pusat Pmkri Periode 2024-2026

Dalam sejarah manusia hanya ada dua dokumen historis yang sampai sekarang menguasai alam-hati dan alam fikiran dari sebagian besar umat manusia dan yang bersaingan hebat satu sama lain. Dua dokumen tersebut adalah "Declaration of Indepedence Amerika" tulisan Thomas Jafferson dan "Manifesto Komunis" tulisan Karl Marx. Ucap Bung Karno dalam buku (Di Bawah Bendera Revolusi) yang beliau kutip dari pandangan Betrand Russel.

 

Gambaran Umum Kapitalisme

 

Berbicara soal kapitalisme maka kita bicara tentang sebuah paham yang menerapkan sistem pasar bebas laissez faire. Ebenstein (1990) menyebutkan bahwa kapitalisme adalah sistem sosial yang menyeluruh, lebih dari sistem perekonomian. Ia mengaitkan perkembangan kapitalisme sebagai bagian dari gerakan individualism.

 

Hal yang sama juga di pertegas oleh Ayn Rand seorang filsuf berkebangsaan Amerika Serikat, yang berpandangan bahwa kapitalisme adalah suatu sistem sosial yang berbasiskan pada pengakuan atas hak-hak individu, termasuk hak milik dimana semua pemilikan adalah milik privat.

 

Jika kita menganalisis lebih radikal lagi, maka kita akan menemukan sebuah risalah terkenal milik Adam Smith sekaligus bapak kapitalisme, dalam bukunya yang sangat terkenal itu yaitu The Wealth of Nation (1776), sebuah gagasan yang besar sekaligus diakui sebagai tonggak utama kapitalisme klasik yang mengekspresikan gagasan "laissez faire" dalam ekonomi.

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline