Lihat ke Halaman Asli

Veronika Gultom

TERVERIFIKASI

https://vrgultom.wordpress.com

Salah Menterjemahkan atau Bahasa Gaul?

Diperbarui: 21 Oktober 2022   17:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: liputan6.com

Pernahkah Anda membaca artikel atau berita yang diolah dari hasil terjemahan. Entah itu terjemahan dari sumber berita yang berupa artikel atau ulasan, entah itu mengenai istilah yang sudah memasyarakat tetapi dengan pengertian yang tidak jelas.

Contoh: pengertian cookie yang dianggap "mengambil" data pengguna Internet yang masuk ke suatu website. Ok lah untuk ini mungkin perlu penjelasan detail kepada masyarakat awam mengenai apa itu cookie dalam dunia online. Namun jika memang tidak tahu pengertian sebenarnya sebaiknya tidak sembarangan mengambil kesimpulan.

Berikut adalah contoh kalimat yang biking bingung bin tulalit, minimal buat saya pribadi. Dikutip dari artikel di kompas.com berjudul "Google Salah Transfer Rp 3,7 Miliar ke Hacker"

sumber: kompas.com

Sejujurnya saya agak kesulitan untuk mengerti maksud dari tulisan tersebut, jika tidak ada tulisan dari bahasa aslinya.  Akomodasi tiket, apakah maksudnya? Dan secara kalimat keseluruhan pun rasanya gak nyambung.

Ternyata itu adalah terjemahan dari kalimat berbahasa Inggris berikut:

sumber: kompas.com

Tidak ada disebutkan mengenai tiket akomodasi. Pengertian saya akomodasi itu kaitannya dengan suatu perjalanan dinas, acara, dsj dimana akomodasi itu bisa berupa tempat menginap, makanan, atau pelayanan lainnya selama kegiatan berlangsung. Atau mungkin maksudnya tiket yang tidak terakomodasi?

Bahasa aslinya menyebutkan "support ticket". Support ticket itu adalah Bukti atau tiket yang dikeluarkan (biasanya keluar dari sebuah aplikasi), atas sebuah permasalahan yang diajukan kepada tim support, yaitu semacam tim customer service. Bedanya kalau customer service itu menangani masalah-masalah khusus pelanggan, kalau tim support bisa menangani masalah apa saja. 

Tapi yang jelas intinya ada permasalahan yang diajukan, dan aplikasi mencatat permasalahan tersebut dan mengeluarkan "tiket", yaitu semacam nomor antrian. Tim support akan menangani masalah berdasarkan tiket-tiket yang masuk. Jadi tidak ada hubungannya dengan akomodasi apapun. Atau mungkin penulis artikel tersebut memiliki pengertian yang lain tentang "akomodasi"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline