Lihat ke Halaman Asli

Veronika Gultom

TERVERIFIKASI

https://vrgultom.wordpress.com

Indonesia Never Quit, So Do I!

Diperbarui: 31 Desember 2020   23:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: www.sltrib.com

Dear 2021,

Kami akan datang segera kepadamu. Kami tahu engkau sudah menantikan kami. Entah apa yang akan terjadi nanti. Suka tidak suka, siap tidak siap, kami harus memasuki tahun 2021. Meski tidak tahu apa yang akan terjadi nanti. Meski kami tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Namun sepertinya kami memang harus mengubah cara hidup. Daripada menunggu kapan pandemi berakhir tanpa berbuat apa-apa, lebih baik mengatur rencana bagaimana menyiasati hidup. Lagipula kita memang tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dikemudian hari. Jadi lebih baik mempersiapkan diri menghadapi segala sesuatu yang tidak pasti.  Yah, hidup ini memang tidak pasti. Sudah dari sananya begitu. Jadi tidak ada alasan untuk putus asa atau menyerah. Tugas kami adalah berjuang. So, please be good to us.

Walau tahun akan segera berganti, namun masalah yang ada tetap masalah-masalah lama. Tidak apa-apa. Tahun baru masalah lama, tapi cara menanganinya, harus naik versi alias diupgrade, alias lebih baik dong.

Ikut Serta Memutus Rantai Penyebaran Corona

Kalau tahun 2020 kami tidak siap menghadapi Corona, dan tidak serius ikut dalam program pemutusan rantai penyebaran Corona, maka tahun 2021, kami akan berusaha lebih baik. Lebih disiplin mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan. Walau tempo hari ada menteri yang mencoba melaksanakan 17M, namun ternyata Corona tidak berakhir, maka,kami, rakyat akan tetap melaksanakan 3M dengan cara:

  1. Memakai masker
  2. Mencuci tangan
  3. Menjaga jarak dan menghindari kerumunan

Setidaknya itulah yang dianjurkan para ahli saat ini. Jika nanti ada anjuran lain demi mengakhiri pandemi ini, kami akan berusaha taat aturan pemerintah. Kami percaya, penyebaran Corona harus diatasi bersama antara rakyat dan pemerintah. Walau kadang pemerintah terkesan plin-plan, tetapi mungkin karena mereka pun masih mencari cara paling mujarab untuk mengatasi pandemi ini. Tugas kita sebagai rakyat adalah mengikuti aturan yang diberlakukan.

Memfilter Berita Hoax

Tahun lalu, mungkin kami kurang cerdas memilah berita. Tetapi seiring waktu, kami mengerti, bahwa tidak semua berita yang beredar itu benar. Semoga ditahun 2021 kami lebih cerdas dalam menyebarkan kembali berita-berita yang kami terima. Semoga kami tidak lagi buang-buang waktu percuma, buang-buang kuota Internet, hanya untuk forward-forwardan. Semoga kami tidak menjadi bagian dari kelompok orang yang berusaha memanas-manasi, membesar-besarkan masalah, menjadi provokator, karena ternyata masih banyak hal lain yang lebih penting yang belum sempat kami coba di dunia ini. Dan ternyata menyebarkan berita baik jauh lebih membawa berkah bagi semua orang, termasuk diri sendiri. Jadi, semoga kami semua dapat menjadi pembawa berita baik daripada berita hoax.  

Lebih Peduli Dengan Lingkungan

Ini dia resolusi yang dari dulu tidak selesai-selesai. Niat hati lebih peduli lingkungan dengan mengurangi sampah pribadi, terutama sampah plastik, eh...masih saja belum bisa disiplin untuk diet kantong plastik. Tapi tidak apa-apa, tahun 2021, kami berniat untuk selalu membawa kantong belanja sendiri, membawa botol air minum isi ulang supaya tidak memproduksi terlalu banyak sampah botol plastik bekas air minum kemasan, membawa tempat makan sendiri jika ingin membeli makanan matang untuk dibawa pulang. Lebih peduli orang lain dengan cara tidak melempar sampah dari dalam mobil yang sedang berjalan, tidak membuang sampah sembarangan ketika berwisata disuatu tempat, dan tidak membuang masker bekas pakai sembarangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline