Lihat ke Halaman Asli

Veronika Gultom

TERVERIFIKASI

https://vrgultom.wordpress.com

Budayakan Antre?

Diperbarui: 6 April 2018   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Daily Mail

Hareee geneee gak mau antri? 

Kenyataannya masih banyak sekali orang Indonesia yang tidak 'bersedia' antri dengan berbagai macam alasan. Suatu hari disebuah tempat perbelanjaan dimana tidak ada kasir cepat seperti di supermarket-supermarket yang sudah memisahkan kasir keranjang dengan kasir troli, saya harus menunggu dua orang di depan yang belanjaannya satu troli penuh. 

Di depan saya, seorang wanita yang sama dengan saya, belanjaannya sedikit. Karena sudah menunggu terlalu lama, saya berinisiatif bertanya kepada petugas yang lewat apakah ada kasir cepat untuk yang belanjaannya sedikit. Dijawab tidak ada. Ya sudah mau tidak mau harus menunggu antrian di depan selesai. 

Eh tiba-tiba ada seorang ibu nyelonong memotong antrian dan berdiri di depan saya. Saya bilang pada ibu tersebut,'Antri dari belakang, bu'. Ibu itu menyingkir setelah melongok ke belakang. Tapi dia berdiri disamping saya sambil berbicara,'Belanjaan saya sedikit, yang ngantri belanjaannya banyak-banyak. Saya masih ada urusan lain'. 

Wah memangnya cuma dia yang punya urusan lain...yang lain kurang kerjaan gitu?? :D

Lain waktu ada seorang Bapak, yang tiba-tiba nyelonong langsung ke depan ditengah-tengah antrian. Ketika seseorang menegur untuk mengantri dari belakang, bapak itu kelihatan tidak suka dan berkata kalau dia juga sudah antri hanya saja baru ke toilet. Bisa gitu ya? :D 

Masalah antri memang sepele tapi sadarkah Anda kalau Anda nyelonong melewati orang-orang lain yang sudah menunggu duluan, berarti Anda menyepelekan mereka. Anda menganggap diri Anda lebih penting dari mereka. 

Bukan cuma waktu Anda yang terbuang, yang lain pun bersedia menunggu yang artinya 'membuang' waktu. Kalau Anda merasa kaki pegal karena menunggu terlalu lama, yang lain pun sama. Janganlah ingin diistimewakan karena alasan-alasan yang mungkin orang lain pun punya alasan yang sama, bahkan mungkin lebih baik dari alasan Anda.  

Jika Anda memang harus didahulukan karena alasan tertentu, misalkan hampir ketinggalan pesawat, ada baiknya Anda meminta ijin dulu kepada pengantri yang lain karena keperluan Anda memang sangat mendesak. Saya rasa orang lain pun akan mengerti dan memberikan kesempatan untuk Anda. 

Mengapa ada istilah 'Budayakan Antri'? Rupanya kita terbiasa menjalankan 'kebudayaan' yang sudah berlaku di suatu tempat secara turun-temurun. Di luar budaya itu salah atau benar, efektif atau tidak, relevan atau tidak, karena budayanya sudah begitu, maka itulah yang dijalankan. 

Sering kali, karena punya 'kenalan orang dalam' maka sesuatu dapat diselesaikan dengan cepat. Ada budaya untuk saling 'tolong-menolong', kita kan tetangga....kita kan teman....dia saudara saya...dst. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline