Lihat ke Halaman Asli

Veronika Gultom

TERVERIFIKASI

https://vrgultom.wordpress.com

Selamat Datang di Tahun 2018

Diperbarui: 2 Januari 2018   22:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

canva.com

Umumnya orang mengucapkan "selamat tahun baru" dan bukan  "selamat datang di tahun yang baru". Menurut hemat saya, ucapan selamat tahun baru berarti mengucapkan selamat untuk tahun yang baru, selamat memasuki tahun yang baru. Namun iseng-iseng kotak katik kata, kalimat selamat datang di tahun yang baru memiliki arti ucapan selamat kepada kita semua yang telah berhasil sampai di tahun yang baru. Artinya selama ini kita berjalan menuju tahun yang baru dan akhirnya sampai di tahun yang baru itu. Ada proses menuju tahun yang baru. Proses yang mungkin berupa sukacita dan dukacita, gagal dan sukses, senang dan sedih. 

Sebenarnya artinya sama saja, selamat tahun baru dan selamat datang di tahun yang baru, namun dalam kalimat "selamat tahun baru" tidak terlihat dan tidak terasa proses atau perjalanan yang sudah kita tempuh untuk sampai di tahun yang baru. Tidak ada 'hadiah' yang didapat saat memasuki tahun yang baru. Selain itu saat menyambut tahun baru, sepertinya kita yang menunggu tahun yang baru itu, yang oleh karenanya harus menyambutnya. 

Padahal saya rasa, kalendar tahun yang baru itu sudah pasti tanggal-tanggalnya  dan hari-harinya :) bahkan kita bisa mempersiapkan kalendar 10, 20, 30 tahun ke depan. Artinya tahun-tahun itu sudah ada saat kita masih ada di tahun yang sedang kita jalani. Hidup kitalah yang belum pasti. Kita hanya bisa merencanakan apa yang ingin kita capai 1, 5, 10 tahun ke depan. Namun apa hasilnya, kita manusia tidak pernah tahu. Berarti yang bergerak itu adalah kita, bukan tahunnya. 

Bagi kita yang mensyukuri hidup, suatu keberuntungan jika kita dapat merayakan tahun yang baru, karena artinya kita masih diberi waktu untuk 'menikmati' hidip di dunia ini. Masih diberi waktu untuk memperbaiki diri, untuk menentukan target-target yang ingin dicapai, dan untuk berjuang mecapai target-target itu. Ada sukacita didalam perayaan tahun baru karena ada harapan-harapan, semangat untuk lebih baik, dan kesempatan untuk memperbaiki kegagalan. Sukacita kita tidak berhenti dalam perayaan satu malam saja, yaitu pada malam sebelum tahun baru atau pada tanggal 1 Januari di setiap tahun. Tetapi sukacita itu haruslah menjadi semangat untuk berjalan di tahun yang baru menuju tahun berikutnya. 

Semoga kita semua menjadi orang-orang yang lebih baik di tahun ini. Selamat datang di tahun 2018! Selamat memasuki tahun yang baru!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline