Lihat ke Halaman Asli

Vooya

Experiential Study Tour

Apa yang Terjadi dengan Pembelajaran Berbasis Daring? Degradasi atau Gradasi Proses Pembelajaran?

Diperbarui: 17 Juli 2020   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tech.economictimes.indiatimes.com

Proses pembelajaran di seluruh jenjang pendidikan berubah secara drastis sebagai konsekuensi dari pandemi Covid-19 yang mana Pemerintah Indonesia menetapkan peraturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kebijakan pemerintah ini mengharuskan masyarakat untuk menghindari pertemuan berskala besar dan mengisolasi diri di rumah sebagai cara mencegah penyebaran virus menjadi semakin luas. 

Dunia pendidikan menjadi salah satu yang merasakan dampak dari pandemi ini yaitu adanya pergeseran proses pembelajaran dari kelas ke sarana dalam jaringan di mana pengajaran dilakukan dari jarak jauh. 

Dalam menghadapi situasi ini, penting untuk memastikan bahwa pembelajaran terus berlanjut. Maka dari itu, pelajar dan pengajar dipaksa untuk bisa lebih akrab dengan tuntutan industri era 4.0 yang mengharuskan kita untuk mampu beradaptasi dengan metode pembelajaran jarak jauh guna menjalankan proses belajar-mengajar yang tetap efektif.  

www.freepik.com

Namun, muncul kemunduran pembelajaran ketika para siswa tidak berpartisipasi dalam proses ini dengan sepenuhnya seperti ketika pembelajaran tatap muka secara langsung dan tidak memanfaatkan keuntungan pembelajaran jarak jauh  dengan semestinya. Walaupun menuai kritik dan debat mengenai efektivitas sistem ini. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa metode ini memiliki manfaat yang mungkin tidak bisa kita temukan ketika pembelajaran tatap muka secara langsung. Dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang ada jelas membantu mempersiapkan peserta didik yang siap bersaing di era digital. Selain itu, sistem ini memungkinkan individu untuk mengasah beberapa kemampuan baik secara sadar maupun tidak.

www.forbes.com

Dengan adanya proses yang baru dalam mempelajari sesuatu, dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran ini membantu gradasi proses pembelajaran tenaga didik menjadi lebih baik. 

Sebagai contoh, ketika melaksanakan diskusi di kelas bersama guru atau dosen, kita diharuskan untuk memiliki etika bercakap-cakap yang tetap sesuai konteks namun disampaikan secara formal dan akademis agar tetap membuat diskusi berjalan dengan baik layaknya diskusi di secara langsung di kelas.

www.achrnews.com

Manfaat online learning model (OLM) sebagai metode untuk menggradasi pembelajaran para siswa tidak berhenti disitu saja, para peserta didik memiliki kesempatan untuk belajar hal-hal yang ingin sekali mereka pelajari namun belum memiliki kesempatan. 

Dengan adanya kursus daring, seminar, pelatihan dari beberapa institusi lintas jurusan mengenai berbagai topik atau fokus pelajaran, pelajar dapat memanfaatkan waktu ini untuk bereksplorasi, menambah wawasan, dan menambah soft skills yang diperlukan di masa yang akan datang. 

Selain itu, dengan adanya aktivitas seperti seminar ataupun pelatihan dapat membantu evaluasi diri seseorang mengenai dirinya, seberapa jauh individu tersebut telah belajar, seberapa luas pengetahuan individu tersebut, termasuk kemampuannya dalam menyelesaikan suatu masalah.

dok.istimewa

Sebagai respon terhadap situasi ini, Vooya percaya bahwa kami memiliki peran tersendiri dalam menyukseskan metode pembelajaran jarak jauh ini menjadi lebih efektif dan efisien serta membantu para generasi muda dalam mempelajari sesuatu yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Vooya sendiri berusaha untuk beradaptasi dengan keadaan yang ada dengan tetap menyediakan layanan sebaik mungkin kepada para Vooyagers. 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline