Lihat ke Halaman Asli

Volta Bell

Mahasiswa

Pentingnya Senyawa P2P terhadap Kesehatan dan Degradasi P2P

Diperbarui: 31 Mei 2023   17:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Struktur P2P, Dok. Pribadi

1. Apa itu P2P.

1-Phenyl-2-propanone (P-2-P) juga dikenal sebagai benzyl methyl ketone (BMK), adalah cairan tidak berwarna atau agak kekuningan. P2P sering digunakan sebagai prekursor pembuatan amfetamin. Penggunaan P2P yang sah dalam industri kimia dan farmasi terbatas pada pembuatan amfetamin dan metamfetamin serta turunannya.

2. Turunan P2P
Amfetamin menyebabkan pelepasan monoamin melalui sitosol neuronal melalui dopamin transporter, norepinefrin transporter, dan serotonin transporter. Salah satu mekanisme kerja yang diteliti dari amfetamin adalah dengan mengganggu aktivitas vesicular monoamine transporter-2 (VMAT-2).

Struktur amfetamin, Dok. Pribadi

3. Phenylacetone

Keberadaan Phenylacetone dalam tubuh manusia adalah sebagai metabolit Amfetamin dan Metamfetamin.
1Phenyl2propanone (P2P), juga dikenal sebagai benzil metil keton (BMK), adalah prekursor utama yang digunakan dalam sintesis amfetamin. Amfetamin merupakan salah satu jenis narkoba yang banyak beredar di masyarakat dan banyak dikenal dengan istilah sabu-sabu. Penyalahgunaan a amfetamin disebabkan karena efek menyenangkan yang dapat dihasilkannya seperti euforia, meningkatnya energi dan kewaspadaan, meningkatnya libido dan kepercayaan diri, perasaan meningkatnya kapasitas fisik dan mental, serta peningkatan produktivitas. Amfetamin (AP ) menyebabkan penyalah-guna menjadi ketergantungan, halusinasi dan perubahan kepribadian.

4. Penelitian
1-Phenyl-2-propanone (P2P) adalah prekursor utama methamphetamine. Pembentukan produk degradasi P2P selama penyimpanan jangka panjang dan faktor-faktor yang mempengaruhi degradasi P2P.
Sampel P2P rapi, 1 mg/mL P2P dalam metanol dan etil asetat disiapkan. Sampel tersebut disimpan pada suhu kamar atau 4 C selama 1, 3, dan 6 bulan; kemudian sampel dianalisis dengan kromatografi gas spektrometri massa. Eksperimen serupa (tetapi hanya disimpan selama 1 bulan) juga dilakukan untuk phenylacetylcarbinol.
P2P rapi yang disimpan pada suhu kamar menghasilkan produk degradasi setelah penyimpanan 3 bulan, dan degradasi berlanjut selama 3 bulan berikutnya. Benzaldehida, asam benzoat, benzil asetat, 1-fenil-1,2-propanedion, fenilasetilkarbinol, 1-asetoksi-1-fenil-2-propanon, dan 1,1-difenilaseton diidentifikasi sebagai produk degradasi setelah penyimpanan 6 bulan. Degradasi dicegah secara tidak sempurna dengan penyimpanan pada suhu 4 C dan hampir seluruhnya dengan penyimpanan dalam pelarut organik.


5. phenylacetycarbinol
Phenylacetylcarbinol yang rapi disimpan pada suhu kamar sangat terurai. Benzaldehida, asam benzoat, 1-fenil-1,2-propanedion, dan 1-asetoksi-1-fenil-2-propanon dianggap sebagai produk degradasi. Degradasi dicegah secara tidak sempurna dengan penyimpanan pada suhu 4 C dan hampir seluruhnya dengan penyimpanan dalam pelarut organik.
Hasil ini menunjukkan bahwa P2P dan phenylacetylcarbinol dioksidasi oleh oksigen di udara dan pelarut organik menghambat oksidasi. P2P diduga awalnya teroksidasi menjadi fenilasetilkarbinol, kemudian diubah menjadi benzaldehida, asam benzoat, 1-fenil-1,2-propanedion, dan 1-asetoksi-1-fenil-2-propanon. Produksi phenylacetylcarbinol dari P2P adalah informasi yang berguna untuk profil pengotor metamfetamin karena phenylacetylcarbinol adalah prekursor efedrin, prekursor metamfetamin lainnya.

Sumber:

https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0026265X9690034X

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline