Lihat ke Halaman Asli

Arnoldus Yansen Travolta

Arnoldus Yansen Travolta adalah seorang Wartawan media online

Dukung Wisata Premium dengan Menjadi Petani Sayur

Diperbarui: 5 April 2023   09:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menjadi seorang petani,merupakan sebuah profesi yang sama sekali tidak pernah di lirik hingga saat ini. Anak para petani yang di wisuda oleh karena perjuangan dari hasil bertani orang tuanya pun malah lebih memilih menganggur saja bila tidak memiliki pekerjaan.

Padahal menjadi petani juga bisa sukses bila di jalankan dengan serius. Apalagi di jalankan dengan sebuah sistem yang baik.Intinya jangan lagi menggunakan pola yang biasa di lakukan oleh para pendahulu kita.Sebab hingga saat ini, pola kerja yang di jalankan  masih menggunakan pola-pola lama yang terus di ikuti secara turun menurun sampai saat ini.

Salah satu cara sebagai langkah awal bila ingin menekuni profesi sebagai seorang petani yaitu buang sifat Gengsi jauh-jauh.
Sebab Gengsi ini merupakan penghambat untuk tidak melakukan sesuatu,padahal di yakininya bahwa pekerjaan itu mampu membuat dirinya sukses.

Hal selanjutnya yang mungkin di lakukan adalah menentukan target market (segmentasi pasar). Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.Selain itu di tentukan juga wilayah pemasaranya kemana, barang yang mereka butuhkan  apa, dan kriteria barangnya seperti apa.

Hal ini dapat di lakukan dengan melakukan pertanyaan-pertanyaan kecil kepada pihak hotel jika kita fokus menjadi  pertani sayur dan buah-buahan untuk kebutuhan hotel dan restoran.

Kenapa mereka cendrung membeli kebutuhan hotel dari luar daerah. Apakah karena kwalitasnya yang tidak masuk dalam kriteria, atau ada beberapa jenis sayur dan buah-buahan yang menjadi kebutuhan mereka tidak tersedia di Manggarai  Barat. Jika Ia, tunjukan kriteria sayur dan buah-buahan yang di minta dan apa saja buah dan sayur-sayuran itu,dll.

Untuk itu khusus kamu yang tinggalnya di sekitar kota pariwisata seperti Labuan Bajo, menurut saya mulai sekarang, berhentilah
menjadi penganggur, dengan alasan tidak mempunyai lapangan kerja, atau UMR di Labuan Bajo tidak cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan kamu,dan lain-lain.

Kita mesti bangga bahwa dengan di jadikanya labuan bajo sebagai daerah super premium, yang di mana telah menjadi pusat perhatian pemerintah hingga saat ini,akhirnya membuat banyak hal menjadi berubah, mulai dari hotel-hotel berbintang di bangun di mana-mana,restoran megah, manusia semakin bertambah, dengan cara dan gaya hidupnya yang berbeda pula.

Dengan begitu maka sebagian masyarakat manggarai barat pun  menjadi berubah cara dan gaya hidupnya.

Melihat perkembangan ini,mestinya kita tidak sekedar bangga berada di antara mereka atau sekedar bangga berada di kota super premium ini, namun harus melakukan sesuatu, supaya tidak di anggap sebagai penonton melulu.

Amatilah, kira-kira peluang apa yang bisa di buat akibat dari segala perubahan yang terjadi.
Ada tidak masalah (kekurangan) di tetiap perubahan itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline