Lihat ke Halaman Asli

Demo 1 Mei di Papua Ada ‘Martir’

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1335937236640909355

[caption id="attachment_178641" align="aligncenter" width="456" caption="Mako Tabuni, Ketua I KNPB. Foto : Zonadamai"][/caption]

Selasa, 1 Mei 2012 ketika ribuan buruh berdemonstrasi menuntut kesejahteraan di berbagai kota,  ada sekelompok aktivis pro Papua merdeka di Tanah Papua  memanfaatkannya untuk  berdemonstrasi menuding Indonesia telah menduduki Tanah Papua secara ilegal melalui referendum (PEPERA tahun 1969) yang dinilainya penuh rekayasa.

Dua media online lokal Papua (tabloidjubi.com dan suarapapua.com) memberitakan, seorang mahasiswa STIE Port Numbay bernama Thei Karoba (26 tahun) tertembak di perut saat pulang demo 1 Mei bersama kelompok massa yang digerakan oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) pimpinan Mako Tabuni dan Buchtar Tabuni itu.  Korban sudah meninggal dunia dan sejak tadi malam pukul 22.00 WIT jenazahnya sudah di bawa ke Asrama (mahasiswa) Tolikara, tempat tinggal korban selama ini.

Korban atau Dikorbankan?

Menurut saksi korban, Mako Tabuni  (ketua I KNPB) yang adalah pemimpin demo itu sendiri,    saat penembakan terjadi, korban sedang berada di atas truck yang mengangkut massa pendemo pulang.  Tembakan datang dari arah depan oleh orang tak dikenal.  Lokasi penembakan persis antara Kampus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) dengan Markas Korem di Padang Bulan,  Abepura. Saya coba membaca secara jeli kronologi peristiwa penembakan tersebut, dengan menggunakan dua sumber berita media online loka tadi. Saya menemukan beberapa kejangggalan.

1. Menurut keterangan Mako Tabuni, korban yang saat itu berdiri diatas truck, terjatuh dan tewas seketika dalam bak truck.

http://tabloidjubi.com/modules-menu/jayapura/18068-usai-demo-seorang-mahasiswa-tewas-tertembak

Sementara menurut suarapapua.com menulis : Mako mengatakan, ketika korban sampai di rumah sakit Dian Harapan, korban masih bisa berbicara dan masih ada nafas. Namun tidak lama kemudian korban meninggal dunia.

http://www.suarapapua.com/index.php?option=com_content&view=article&id=213%3Ausai-demo-satu-mahasiswa-tewas-ditembak-otk&catid=9%3Aberita-terkini&Itemid=112&lang=en

Satu Sumber berita  tetapi informasinya berbeda. Media yang satu mengatakan korban tewas di tempat, sementara media lainnya mengatakan sampai di rumah sakit, korban masih bisa berbicara (dan karenanya masih ada nafas).

2. Informasi (dari sumber) lain yang di peroleh tabloidjubi.com, Theo Karoba ditembak sekitar pukul 19.00 WIT.  Dokter rumah sakit mengeluarkan peluru sekitar pukul 21.30 WIT. Setelah itu, mayat langsung di bawa ke Asrama Tolikara pukul 22.00 WIT.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline