Seperti yang kita ketahui, pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada aspek kehidupan sosial, ekonomi, saja, namun juga berdapak terhadap seluruh aspek kehidupan, termasuk aspek pendidikan. Mulai dari tingkat sekolah dasar, menengah, sampai tingkat perguruan tinggi ikut terkena dampaknya. Banyak perubahan cara pembelajaran untuk mahasiswa yang harus disesuaikan pada kondisi pandemi ini. Menurut Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 di Perguruan Tinggi, pembelajaran di perguruan tinggi diselenggarakan dengan belajar mandiri dan terbimbing, menggunakan bahan ajar dalam bentuk digital, memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, serta interaksi berbasis teknologi dan komunikasi dengan meminimalisir interaksi secara langsung. Untuk mencapai learning outcome yang diharapkan perlu adanya keseimbangan antara belajar mandiri dan terbimbing.
Untuk menciptakan suatu sistem pembelajaran online yang terintegrasi sehingga menyerupai kuliah fisik, perlu diperhatikan beberapa aspek berikut ini :
1. Presensi Kehadiran
Sebaiknya ada dua sistem presensi, yaitu presensi masuk dan akhir kuliah. Presensi masuk bertujuan untuk mengetahui apakah mahsiswa hadir tepat waktu atau tidak. Mahasiswa harus melakukan presensi terlebih dahulu sebelum mengikuti kelas lalu mahasiswa dapat mengakses link kuliah yang disediakan. Kemudian adanya presensi akhir, agar mahasiswa tidak meninggalkan ruang kuliah yang dapat diakses setelah dosen selesai memberikan kuliah.
2. Durasi kuliah
Seharusnya durasi kuliah online harus sesuai dengan SKS yang ditetapkan. Dosen memberikan kuliah selama waktu yang disediakan, juga memberi tugas apabila perlu. Sistem ini bisa mengetahui apakah waktu kuliah yang diberikan sudah sesuai atau tidak.
3. Penugasan
Perlu disediakan menu khusus untuk memudahkan mahasiswa dan dosen dalam hal penugasan, terkait ketentuan tugas, mengupload tugas, dan batas waktu mengumpulkan tugas. Selama penugasan dosen tetap membuka forum diskusi apabila ada yang belum dimengerti atau sekedar mengkonfirmasi kebenaran. Forum diskusi tesebut dapat diakses oleh peserta kuliah dan dosen. Setelah tugas dikumpulkan harus ada feedback atau evaluasi untuk mengetahui kekurangan dan kesalahan dari mahasiswa.
4. Jadwal kuliah
Jadwal kuliah harus sesuai dengan yang dijadwalkan oleh akademik, terkecuali ada halangan. Jika harus mengganti jadwla perlu komunikasi dengan mahasiswa agar tidak bentrok dengan jadwal mata kuliah lain. Pengumuman jadwal kuliah yang baru dapat dilakukan H-1 sehingga tidak terkesan mendadak.