Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Tiga Tahun Pertama

Diperbarui: 13 November 2016   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

A.PENGERTIAN

Perkembangan kognitif ialah salah satu aspek perkembangan manusia yang berkaitan dengan pengertian (pengetahuan), yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkugannya. Dimana perkembangan kognitif berguna untuk menjelaskan semua aktivitas mental yang berhubungan dengan presepsi, pikiran, ingatan, dan pengolahan informasi yang memugkinkan seseorang untuk memperoleh pengetahuan, memecahkan masalah, dan merencanakan masa depan, atau semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari, memperhatikan, mengamati, membayangkan, memperkirakan, menilai dan memikirkan lingkungannya. (Mar’at, Samsunuwiyati, 2013)

B. PENDEKATAN DALAM PERKEMBANGAN KOGNITIF

1. Pendekatan tingkah laku

Pendekatan untuk mempelajari perkembangan kognitif yang berpusat pada mekanisme dasar dari belajar. Pendekatan ini bisa di realisasikan dengan

a. Pengondisian klasikal dan instrumental

contohnya kedipan anak bayi ketika mereka melihat cahaya dari kamera, itu termasuk pengondisian klasikal. Pada pengondisian klasikal pembelajar itu bersifat pasif, menyerap, dan secara otomatis bereaksi pada stimulus. sebaliknya, pegondisian instrumental ketika bayi belajar mengoceh mendatangkan atensi penuh kasih-pembelajar bertindak, atau bereaksi terhadap lingkungan.

b. Memori infant

Waktu untuk perubahan sangat banyak dan ingatan mengenai pengalaman spesifik tidak mungkin digunakan untuk waktu yang lama. Kejadian awal tidak disimpan oleh memori karena otak belum cukup berkembang untuk menyimpannya.

2. Pendekatan psikometrik

Pendekatan untuk mempelajari perkembangan kognitif dengan mengukur intelegensi secara kuantitatif. Perilaku intelegensi berorientasi pada tujuan dan adaptif. Mengarahkan diri untuk menyesuaikan diri terhadap persoalan dan kondisi kehidupan. Berikut ini untuk mengetahui perkembangan kognitif melalui pendekatan psikometrik:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline