Morissan adalah seorang doktoral, kandidat di sekolah komunikasi, Universiti Sains Malaysia (USM) di Penang, Malaysia. Penelitiannya adalah tentang ekonomi politik dan kinerja industri televisi Indonesia kontemporer. Beliau bekerja sebagai koresponden, editor, dan pembuat berita untuk berbagai perusahaan media nasional dan internasional, termasuk Reuters (Inggris), pers terkait (Amerika Serikat), Metro TV (Indonesia), dan Antara News selama hampir 15 tahun.
Saat ini ia bekerja sebagai dosen di fakultas komunikasi, Universitas Mercu Buana (UMB) di Jakarta. Sejauh ini, Morissan telah menghasilkan sepuluh publikasi dalam bahasa Indonesia dalam komunikasi dan studi media termasuk manajemen siaran, jurnalisme siaran, iklan, dan hubungan masyarakat. Beliau telah aktif di berbagai forum akademik di tingkat nasional dan internasional.
Metode penelitian survei merupakan metode yang paling sering digunakan di dunia penelitian untuk memperoleh data dan jawaban terhadap berbagai pertanyaan dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan, terutama mengenai sosial-kemasyarakatan. Para peneliti yang bergelut di bidang ilmu politik, ekonomi, pertanian, komunikasi hingga keagamaan menggunakan metode survei untuk berbagai tujuan ilmiah. Dengan demikian, penelitian sruvei menjadi 'tulang punggung' perkembangan berbagai disiplin ilmu pengetahuan tersebut.
Buku metode penelitian survei ini memuat materi: Metode Ilmiah; Langkah-langkah Penelitian; Tujuan Penelitian; Hubungan Variabel; Unit Analisis; Konseptualisasi dan Pengukuran; Populasi dan Sampel; Kesalahan Sampling dan Metode Penarikan Sampel; Ukuran dan Kesalahan Sampel; Distribusi Sampling; Penelitian Survei; Survei Deskriptif dan Analitis; Mendesain Kuisioner; Pengumpulan Data; Statistik untuk Survei: Statistik Deksriptif, Karakteristik Data, Skor-Z, Kurva Normal; Uji Hipotesis: Signifikansi Statistik, Uji Signifikansi, Kesalahan (Error); Statistik Parametrik dan Nonparametrik, Statistik Korelasi dan Regresi; dan Analisis Varian (Anova).
Penelitian survei merupakan metode yang paling sering digunakan di dunia penelitian untuk mendapatkan data dan jawaban terhadap berbagai pertanyaan dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan terutama mengenai kemasyarakatan (sosial). Para peneliti yang bergelut di bidang ilmu politik, ekonomi, pertanian, komunikasi hingga keagamaan menggunakan survei untuk berbagai tujuan. Tak pelak penelitian survei merupakan tulang punggung perkembangan berbagai disiplin ilmu pengetahuan tersebut,
Penulis mengamati banyak kalangan peneliti dan akademis ternyata belum memiliki kemampuan, pengetahuan dan keahlian yang memadai di bidang penelitian survei ini. Bukti paling nyata adalah bahwa banyak hasil survei yang dikemukakan berbagai lembaga survei di Indonesia (khususnya survei jajak pendapat masyarakat) sering kali berbeda-beda, dan bahkan bertolak belakang satu sama lain. Walaupun ada pihak yang menilai perbedaan tersebut disebabkan lembaga survei sering kali memiliki kepentingan berdasarkan siapa yang memesan, dan faktor lainnya, namun penulis cukup yakin bahwa hal tersebut lebih banyak disebabkan ketidakmengerian mereka terhadap metode survei.
Penulis mendapatkan gagasan untuk menulis buku ini ketika diminta untuk mengajar mata kuliah metode penelitian di Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana, Jakarta. Penulis menemukan ternyata Indonesia tidak memiliki literatur yang memuaskan secara akademik atau professional, dan ditulis secara baik dan benar oleh penulis Indonesia, yang dapat digunakan bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti untuk mendalami metode penelitian survei.
Berdasarkan hal-hal yang dikemukakan di atas, maka penulis menyusun buku ini yang mudah-mudahan jika dipelajari dengan saksama dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi berbagai pihak yang berkepentingan.
Buku Metode Penelitian Survei ini berisi 434 halaman, dengan 10 bab. Bab pertama membahas tentang Pendahuluan. Berisi tentang Metode Penelitian, menjelaskan tentang Terbuka, Objektif, Empiris, Sistematis dan Prediktif.
Selanjutnya penulis dalam bab ini menjelaskan tentang Langkah-Langkah Penelitian. Didalam Langkah-Langkah Penelitian, penulis juga menjelaskan tentang Pemilihan Topik Penelitian, Tinjauan Pustaka, Merumuskan Pertanyaan dan Hipotesis Penelitian, Metode Penelitian, Pengumpulan Data, Analisis dan Interpretasi Data, Presentasi Haisl Penelitian, dan Replikasi Penelitian. Penulis juga menjelaskan tentang Tujuan Penelitian, Hubungan Variabel, Unit Analisis, serta Konseptualisasi dan Pengukuran pada bab ini.
Pada bab kedua, membahas tentang Populasi dan Sampel. Dalam bab kedua, berisi tentang Kesalahan Sampling, dan Metode Penarikan Sampel. Pada bab ketiga, membahas tentang Ukuran dan Kesalahan Sampel. Menjelaskan tentang Ukuran Sampel, Distribusi Sampling, dan Kesalahan Sampling.