komunikasi efektif adalah komunikasi yang berupa penyampaian informasi dan diagnosa dengan tepat. komunikasi ini bisa meliputi tentang kondisi pasien atau bisa juga mengenai istilah-istilah kesehatan yang awam bagi masyarakat.
untuk seorang tenaga kesehatan komunikasi efisien ini merupakan hal yang sangat penting khususnya seorang perawat. Komunikasi yang baik tidak hanya mempererat hubungan perawat-pasien tetapi juga memastikan informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan jelas.
Komunikasi yang etis juga menjadi dasar untuk membangun kepercayaan dan menghormati otonomi pasien. ini menjelaskan bahwa cara menjalin komunikasi yang etis dan efisien dengan pasien untuk memastikan informasi disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami.
sebagai perawat juga harus memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang dikerjakan dan juga etika keperawatan. pengamatan ini memiliki tujuan adalah untuk mengetahui kualitas yang dilakukan seorang perawat dimana kebutuhan pasien selalu diprioritaskan terlebih dahulu. di dalam keperawatan juga memiliki prinsip etika yang disebut prinsip etika keperawatan. prinsip prinsip etika keperawatan tersebut berisi:
Otonomi yang artinya Menghormati hak pasien untuk mengambil keputusan mengenai perawatannya sendiri.Memberikan informasi yang cukup untuk memungkinkan pasien mengambil keputusan.
Non malficience (tidak merugikan pasien) yang artinya Menghindari tindakan yang dapat membahayakan pasien. Tidak Berbahaya Menghindari tindakan yang menyebabkan atau dapat membahayakan pasien. Memastikan intervensi keperawatan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.
Beneficience (melakukan yang terbaik bagi pasien) melakukan yang terbaik untuk pasien untuk hasil yang maksimal dan mengupayakan yang dibutuhkan pasien terlebih dahulu.
Justice (bersikap adil kepada semua pasien) mampu bersikap adil dalam pelayanan kepada semua pasien tanpa memandang gender,ras,kasta,agama yang dapat memberikan mengurangi rasa kepuasan seorang pasien kepada perawat.
dan masih banyak prinsip yang perlu diketahui bagi seorang perawat tetapi saya di sini menekankan apa yang terjadi selama pengamatan saya. dan poin poin ini sering terjadi di dunia kesehatan bagi tenaga kesehatan khususnya perawat.
masalah yang sering terjadi dalam prinsip etik adalah prinsip otonomi dimana perawat tidak meminta persetujuan sebelum mengambil tindakan karena mereka yakin pasien telah menyerahkan diri kepada staf medis mengenai pemulihan ini merupakan contoh
perawat merupakan penghubung antara dokter dan pasien secara tidak langsung untuk penyampaian informasi mudah dipahami dan diterima dengan tepat kepada pasien. sebagai dokter harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik kepada pasien maupun ke perawat dengan begitu informasi dan diagnosa tersampaikan dengan jelas.