A. Pengertian Filsafat Pendidikan Rekontruksionisme
Rekontruksionisme berasal dari kata reconstruct yang artinya membangun kembali. Aliran rekontruksionisme dikembangkan oleh George Count pada tahun 1930.
Aliran Rekontruksionisme dibangun untuk membangun akan kesadaran masyarkat tentang masalah -- masalah sosial, ekonomi, dan politik sehingga masyarakat kedepannnya dapat memecahkan masalah -- masalah tersebut.
Aliran rekontruksionisme ini sepemikiran dengan aliran sebelumnya yaitu aliran perennialisme. Kedua aliran tersebut sama -- sama berpendapat bahwa dunia saat ini penuh dengan kehancuran, kebingungan, dan ketidakpastian.
B. Tokoh -- tokoh pemikiran filsafat pendidikan rekontruksionisme
- Caroline Part mengatakan bahwa nilai utama dari suatu lembaga sekolah adalah membentuk manusia -- manusia yang dapat berfekir secara efektif dan dapat bekerja secara konstruktif.
- George Count mengatakan ketika pendidikan secara sejarahnya yang dijadikan sebagai suatu ajaran untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang tradisi, budaya, fungsi sosial yang telah dirubah oleh pengetahuan teknologi baru.
- Paulo Freire merupakan seorang filusuf dari Brazil. Freire berpendapat pendidikan harusnya dapat menyadarkan masyarakat yang tertindas sehingga masyarakat tersebut dapat berpikir lebih kritis. Freire menerapkan pendidikan dengan menggunakan metode dialog
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H