Lihat ke Halaman Asli

Vivi Alfianti

mahasiswa

Just In Time

Diperbarui: 6 November 2022   00:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Just in Time (JIT)

Just-in-time (JIT) adalah filosofi manajemen operasi utama, yang dikembangkan di Jepang pada 1980-an, yang dirancang untuk mencapai produksi volume tinggi dengan menggunakan persediaan dalam jumlah minimal. Hal ini dicapai melalui koordinasi aliran bahan sehingga bagian yang tepat tiba di tempat yang tepat dalam jumlah yang tepat; maka istilah just-in-time. 

Namun, JIT lebih dari sekadar pergerakan barang yang terkoordinasi. Ini adalah filosofi organisasi yang mencakup semua yang mempekerjakan tim pekerja untuk mencapai peningkatan berkelanjutan dalam proses dan efisiensi organisasi dengan menghilangkan semua pemborosan organisasi. 

Meskipun JIT pertama kali digunakan di bidang manufaktur, telah diterapkan di sektor jasa, misalnya, di industri jasa makanan. JIT memiliki dampak besar pada cara perusahaan mengelola operasi mereka. JIT membantu mengubah banyak perusahaan dan digunakan oleh perusahaan seperti Honda, Toyota, dan General Motors. JIT menjanjikan transformasi bisnis di masa depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline