Lihat ke Halaman Asli

Fakta Menarik dari Arca Dhayani-Buddha Wairocana

Diperbarui: 30 Mei 2024   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputradewa;Sukaramai, Jl. Srijaya No.I, RW.5, Srijaya, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan/Dokpri

  Ditulis oleh :

1. Vitria Dilvani (23046034)

2. Muhamad Zikri (23046076)

Arca Dhyani-Buddha Wairocana memiliki lebar 7 cm, panjang 7 cm, dan tinggi 16 cm Arca ini terbuat dari bahan perunggu, Arca Dhyani-Buddha digambarkan dalam posisi duduk bersila di Padmasana Gandaber denah bulat (terletak diatas bantalan persegi dan hiasan daun teratai atau lotus.

Berikut adalah fakta menarik Arca Buddha Dhyani-Buddha Wairocana

1. Arca Dhyani-Buddha Wairocana pernah dicuri dan dipalsukan

Awal mulanya seorang peneliti dari balai Arkeologi mencurigai ada upaya untuk pemalsuan Arca Buddha Wairocana yang sempat hilang dari Museum Balaputradewa, Palembang. Ia juga menepis rumor yang beredar bahwa arca yang baru ditemukan itu palsu.

"Bentuk dan ukurannya sama persis. Termasuk bahan logamnya. Semuanya sesuai dengan data- data yang ada," tegas Retno, Senin (16/3).

Menurut Retno, Pelaku bisa jadi tidak mengerti akan nilai historis arca sehingga ia membersihkan arca itu. Meski arca terlihat lebih menarik dan lebih terang dari semula, tetapi keasliannya hilang. Orang yang mengerti dapat melihat benda itu asli dari karat yang ada di sekitaran badan arcanya.

Namun semua yang dikatakan Retno hanya dugaan semata, sebab yang mampu membuktikannya adalah Polda Sumsel yang sedang melakukan penyelidikan dan penyidikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline