Lihat ke Halaman Asli

Vito Rizki

Mahasiswa

Kisah Inspiratif Fadil Anak Yatim Piatu yang Mengurus Adiknya

Diperbarui: 7 Januari 2024   17:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Ditinggal Ibu dari umur 8 Tahun  membuatnya menjadi orang yang kuat, walaupun sudah tidak ada peran orang tua dalam hidupnya namun dia harus menggantikan sosok orang tua bagi ke 2 adiknya. Rafa dan Aisyah yang masih butuh kasih sayang orang tua terpaksa harus diurus oleh kakaknya takala subuh tiba saat matahari belum ada, Fadil sudah pergi kepasar untuk menjadi kuli panggul walaupun Fadil hanya tamat sampai SD kelas 6 saja dia seakan telah menamatkan sekolah kehidupanya. Malu jika kita yang masih lengkap keluarganya namun masih banyak mengeluh, malu oleh Fadil sang Anak 15 Tahun yang bisa menggantikan peran Ayah di balik keras nya hantaman ombak kehidupan.

 Sedikit demi sedikit rupiah dikumpulkan untuk makan adik-adik nya tak jarang banyak yang menyantuni nya tapi dia tidak mau hidup dari rasa iba, tidak mau melalui kehidupan dari rasa belas kasihan. Dia yakin kerja keraslah yang akan menghantar ke pintu gerbang kesuksesan, Ibu nya yang meninggal karena penyakit Ginjal dan Ayah yang telah pergi beberapa tahun sebelumnya membuat dia menjadi pribadi yang tahan banting, Ujian kehidupan ditinggalkan orang tua menurut Fadil adalah hal terberat. Dimana anak-anak seusianya masih hidup dari kasih sayang orang tua namun Fadil harus menahan beratnya beban menjadi pengganti Ayah dalam kehidupan, benar menurut lagu Iwan Fals bahwa ada anak sekecil itu yang rela berkelahi demi waktu, demi satu Impian yang kerap ganggu kalian.

Lirik itu menggambarkan Fadil, semoga Fadil bisa mengarungi kerasnya ombak kehidupan dan mampu menunjukan pada dunia bahwa semua orang berhak menjadi orang sukses tanpa memandang latar belakang apapun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline