Lihat ke Halaman Asli

3 Tahun Main Laptop, 8 Bulan Pegang iPad

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1340934843103780687

Semakin canggih teknologi, semakin maju generasi bangsa. Inilah yang saya lihat dan amati selama ini di sekitar saya. Kalau dulu jaman saya masih kecil bermain boy-boyan (melemparkan bola tenis ke arah tumpukan batu), sembunyi-sembunyian, dan maksimal pun bermain PS 1 atau PS 2, anak kecil jaman sekarang sudah berbeda jauh.

Di depan rumah saya ada sebuah lapangan kecil, dan (masih) pada jaman saya kecil pasti selalu ramai anak-anak bermain. Tapi sekarang............sepi. Kenyataan yang saya lihat, paling dekat adalah keponakan saya sendiri. Jarang sekali bermain dengan teman seumurannya, melainkan sibuk bermain game yang ada di laptopnya. Ya, LAPTOPnya. Milik keponakan saya yang masih berusia 3 tahun. Seperti yang ia lakukan lagi pagi ini.

Meskipun tidak pernah memenangkan game yang dimainkannya (dan karena dia sendiri juga malah senang ketika dia kalah), keponakan saya sudah mengerti game tersebut dengan baik. Maksudnya, dia sudah tahu ini game apa, itu game apa, bagaimana memulainya, persiapannya, hingga keluar dari game tersebut.

Saya sendiri pernah diberitahu teman saya bahwa bayi kenalannya yang masih berusia 8 bulan bahkan sudah memiliki iPad. Ehm, oke. Bahkan saya tidak punya.

Saya tidak tahu bagaimana akibatnya jika sejak kecil mereka sudah bergaul dengan teknologi canggih itu. Semoga saja teknologi-teknologi itu tidak menjadikan mereka makhluk antisosial.

[caption id="attachment_197692" align="alignnone" width="450" caption="keponakan saya sedang bermain game di laptopnya"][/caption]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline