Lihat ke Halaman Asli

Nurevita Puspa Nirwana

Mahasiswa Teknologi Pangan-Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa PMM UMM 93 Lakukan Strategi Promosi Produk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Robbani Melalui Media Sosial

Diperbarui: 24 September 2022   16:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa Kelompok 93 dan anak-anak LKSA Robbani (dokpri)

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dengan tema bhaktiku negeri kelompok 93 gelombang 8 beranggotakan 5 mahasiswa yaitu Yogie Tahajuddin Amrulloh, Muh Abiyyu Hafidz Akhdani, Chusnul Nurchotimah, Berlyana Imannia Pertiwi, dan Nurevita Puspa Nirwana yang dibimbing oleh Lourina Evanale Orfa, ST., M.E. yang dilaksanakan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Robbani Perumahan Bumi Mondoroko Raya Blok BA No. 01, Krajan , Watugede, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada September 2022.

Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa Kelompok 93 dan Pengurus LKSA Robbani (dokpri)

Bersama dengan anak-anak LKSA Robbani, Mahasiswa PMM UMM 93 mengajak untuk melakukan promosi produk unggulan LKSA Robbani yaitu roti manis beraneka rasa, stik baguette, roti jhon dan roti tawar melalui media sosial. Kegiatan ini muncul akibat dari permasalaham penurunan omset LKSA Robbani yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang masih dirasakan sampai sekarang. "Adanya pandemi Covid-19 membuat omset dari penjualan produk LKSA Robbani menurun, tidak ada pemasukan akibat adanya pandemi covid-19 yang membuat daya beli masyarakat menurun dan dirasakan secara signifikan, pemasaran produk kami LKSA Robbani sangat diperlukan" tutur Citra salah satu pengurus LKSA Robbani.

Kemajuan teknologi yang sangat cepat mendorong banyak kegiatan menjadi online termasuk dalam kegiatan pemasaran. Tidak bisa dipungkiri, pemasaran mengikuti perkembangan teknologi dan semakin banyaknya media yang dapat dijadikan sebagai sarana beriklan. Berdasarkan data populasi digital Indonesia terdapat 170 pengguna media sosial yang akan bertumbuh sekitar6,3% setiap tahunnya. Solusi yang dilakukan 5 mahasisa ini adalah teknik pemasaran berbasis teknologi dengan memanfaatkan media contohnya seperti Instagram.

Pemotretan Roti Manis produksi LKSA Robbani (dokpri)

Pemotretan Roti Manis produksi LKSA Robbani (dokpri)

Promosi melalui media sosisal tentunya berdampak baik karena penyebaran informasi terjadi sangat cepat dan mudah. Selain itu, promosi melalui media sosial dinilai efisien dan efektif karena medianya gratis dan dapat meningkatkan penjualan produk. Untuk mencapai itu semua diperlukan kreatifitas yang tinggi. Pemasaran produk LKSA Robbani sudah pernah dilakukan di media sosial instagram namun pernah terhenti karena adanya covid-19 dan karena adanya penurunan pemesanan yang drastis.

Mahasiswa PMM UMM Kelompok 93 membantu melakukan pemotretan produk roti manis berbagai rasa dan roti tawar LKSA dengan menggunakan peralatan yang sederhana di sekitar agar lebih menarik lagi sehingga banyak masyarakat yang melirik produk tersebut kemudian hasil pemotretan tersebut diserahkan pada LKSA Robbani agar dapat diunggah pada instagram milik LKSA robbani. Selain itu, mahasiswa PMM 93 menawarkan produk stik baguette di luar LKSA Robbani sehingga orang-orang dapat mencicipi langsung dan membeli produk tersebut. Pemasaran juga dilakukan oleh mahasiswa PMM UMM 93 dengan membuat video singkat mempromosikan produk stik baguette dan produk unggulan LKSA Robbani lainnya yang juga kemudian diunggah lewat media sosiaL instagram agar masyarakat banyak yang tertarik dan membeli, dengan begitu dapat meningkatkan omset produksi LKSA Robbani.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline