Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SDN 1 Sumberdem melalui Modul POSTMATH oleh Mahasiswa MBKM BKP

Diperbarui: 16 Mei 2022   15:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Tingkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SDN 1 Sumberdem Melalui Modul POSTMATH oleh Mahasiswa MBKM BKP Membangun Desa Universitas Negeri Malang Tahun 2022

Dokpri

(Malang, 12/05/2022) Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Sumberdem, Kec. Wonosari, Kab. Malang yang dilakukan oleh mahasiswa MBKM BKP Membangun Desa Universitas Negeri Malang yang memiliki tujuan untuk membantu masyarakat Desa Sumberdem dalam memajukan desanya agar dapat dikenal luas oleh masyarakat di seluruh Indonesia melalui bidang pendidikan, sosial, budaya, wisata maupun UMKM. 

Salah satu program kerja mahasiswa MBKM BKP Membangun Desa UM dalam bidang pendidikan yaitu pembuatan modul pembelajaran matematika yang berisi rangkuman rumus-rumus matematika dan di beri nama modul POSTMATH.

            Modul POSTMATH merupakan kumpulan rumus matematika untuk siswa kelas 4, 5 dan 6 Sekolah Dasar. Dalam modul ini berisi pokok materi matematika yaitu bilangan, faktor dan kelipatan bilangan, pecahan, pengukuran, bagun datar dan bangun ruang, sistem koordinat, perbandingan skala dan peluang, data statistik dan aritmatika sosial. 

Modul POSTMATH di desain semenarik mungkin dengan kombinasi warna yang bervariasi untuk menarik minat belajar siswa-siswi SDN 1 Sumberdem agar mau belajar matematika. 

Modul dibuat dengan desain menarik dikarenakan menurut survei pada siswa, mereka lebih suka belajar dengan media pembelajaran yang menarik dengan berbagai kombinasi warna. Selain itu, kebanyakan siswa menganggap matematika sebagai momok dan melihat rumus merupakan hal yang paling membosankan, sehingga dengan adanya modul POSTMATH diharapkan dapat mematahkan persepsi siswa-siswi SD mengenai matematika.

            Penyerahan modul POSTMATH ke siswa-siswi SDN 1 Sumberdem diterima dengan baik dan mereka sangat antusias ketika modul POSTMATH diberikan secara langsung oleh mahasiswa MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang. 

Siswa-siswi SDN 1 Sumberdem mengakatakan dengan adanya modul POSTMATH yang memilki desain menarik dengan berbagai variasi warna di dalamnya membuat mereka tambah semangat belajar dan membuat mereka lebih mudah dalam menemukan rumus-rumus ketika mengerjakan suatu persoalan matematika dikarenakan dalam modul POSTMATH berisi rangkuman rumu-rumus matematika. 

Pihak sekolah juga menerima baik program kerja pembuatan modul POSTMATH yang dilakasanakan oleh mahasiswa MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang untuk menunjang pembelajaran di SDN 1 Sumberdem.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline