Lihat ke Halaman Asli

Viska Rinata

MAHASISWA

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Ciptakan Program Peningkatan Pola Pikir Riset Sejak Dini Melalui Jenga Games

Diperbarui: 5 Oktober 2024   07:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pribadi

Riset menjadi kegiatan yang tidak disukai banyak orang termasuk anak anak karena dinilai sangat rumit dan banyak tahapannya. Padahal riset menjadi salah satu skill yang dibutuhkan bukan hanya di jenjang perkuliahan tapi juga pekerjaan. Bahkan riset menjadi keterampilan yang dibutuhkan oleh hampir semua bidang baik social maupun sains. Urgensi itulah yang mendasari mahasiswa PPG yang terdiri dari Ria Febrianti, S.Pd., Delia Mandadari, S.Pd, dan Rista Bramastya Dibawah bimbingan dosen Dr. Widiyanti, M.Pd. mengembangkan sebuah program komputer berbasis website dan Augmenter Reality untuk menggugah semangat siswa sekolah dasar untuk mau belajar dasar-dasar berpikir riset. Uniknya program ini dilengkapi dengan permainan jenga yang langsung terhubung dengan program komputer untuk menampilkan hologram Augmented Reality berisi masalah yang harus diselesaikan oleh siswa dengan alur berpikir ilmiah. Program ini telah di HKI kan  dan memperoleh bantuan dana implementasi dari LP2M UM. Saat ini program ini terus dikembangkan untuk meningkatkan ketertarikan anak Sekolah Dasar terhadap dunia riset. Timi penelitian ini memiliki semboyan bahwa riset adalah dasar kerja peradaban, penciptaan peradaban adalah tergantung riset yang baik, dinamis dan berkualitas

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline