Lihat ke Halaman Asli

Mauraqsha

Staff Biasa di Aviasi.com

Mengenal EICAS dan ECAM serta Sandungan bagi Boeing

Diperbarui: 1 Agustus 2022   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Kokpit Pesawat| Foto: Hans/Pixabay.com

Sepertinya turbelensi belum sepenuhnya menempatkan Boeing pada perjalanan yang mulus, setelah menghadapi masalah MCAS pada Boeing B-737 MAX kini datang lagi sandungan dengan EICAS.

Beberapa media akhir akhir ini banyak yang memberitakan masalah baru Boeing ini, apakah EICAS dan ECAM itu?

Faktor keselamatan penerbangan akan sangat bergantung pada sistem pada pesawat terbang itu sendiri, di mana salah satunya adalah sistem alerting kepada pilot atau yang disebut dengan Cockpit Alerting System (CAS).

Sebelum adanya Glass Cockpit, seluruh panel instrumen pada pesawat tidak berupa indikator dalam bentuk digital termasuk untuk sistem alerting bila ada salah satu bagian dari sistem pesawat tidak berfungsi maksimum.

Pada desain kokpit terdahulu sistem alerting hanya berupa signal lampu sebagai contohnya bila ada kerusakan pada mesin maka ada indikator berupa signal lampu berwarna dan atau bisa disertai dengan suara.

Pada sistem lama ini para pilot harus mencari tahu penyebab dan bagaimana harus mengatasinya sehingga adakalanya pilot mengalami disorientasi dalam mengendalikan pesawat karena terfokus pada masalah yang dihadapi dan tidak membaca indikator lain pada sistem pesawat dan akibatnya tentu akan dapat fatal.

Teknologi Glass Cockpit yang berupa display digital dan kemudian dilengkapi LCD screen membuat perubahan pada sistem alert ini, di mana tidak lagi berupa signal lampu melainkan berupa dalam tulisan pada display yang memberitahu sistem yang mengalami gangguan.

Pabrik Boeing menciptakan sistem alert yang baru dengan nama Engine-Indicating and Crew Alerting (EICAS) sedangkan Airbus dengan Electronic Centralised Aicraft Monitor (ECAM).

Tujuan dari feature ini adalah untuk membantu dan mengurangi stres yang dihadapi pilot dalam keadaan emergency atau keadaan tertentu lainnya.

Buntut dari berbagai permasalahan pada pesawat-pesawat produksi Boeing serta dua kecelakaan fatal pesawat Boeing B-737 Max 8 adalah Kongres Amerika mensahkan UU yang disebut dengan Aircraft Safety and Certification Reform Act of 2020 pada tahun 2020 yang lalu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline