Lihat ke Halaman Asli

Mauraqsha

Staff Biasa di Aviasi.com

Saatnya Kembangkan Bisnis di Industri Pariwisata

Diperbarui: 14 Maret 2022   13:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Iustrasi Kawasan Pantai (pexels.com)

Membangun bisnis dalam industri Pariwisata sangat beragam bentuk dan jenisnya, karena Pariwisata adalah industri yang sangat luas dan berhubungan dengan hampir semua bagian dari kehidupan.

Kita bisa mengambil contoh wisata ke luar angkasa. Rencana wisata itu tinggal menunggu waktu untuk dapat mengantarkan wisatawan berlibur.

Atau yang paling nyata kini beberapa kapal cruise juga menawarkan apartemen dan condo yang jenisnya pun sama dengan apartemen di perkotaan, mulai dari studio hingga private residences.

Tetapi untuk sementara kita injakan kaki kita dulu pada bumi tepatnya pada destinasi wisata sebagai bagian dari industri pariwisata.

Pada semua destinasi wisata kita akan selalu melihat hotel, restoran, cafe, toko souvenir, diving center, dan lainnya yang semua itu mempresentasikan keragaman jenis bisnis pada pariwisata yaitu bisnis properti, kuliner, transportasi, ritel dan hiburan.

Namun sebelumnya pasti akan ada pertanyaan mengapa harus terjun ke bisnis pariwisata?

Jawabannya sangat mudah yaitu:

  1. Pariwisata merupakan salah satu industri terbesar di dunia dan penggerak utama perekonomian
  2. Pariwisata memiliki komunitas terbesar di dunia dengan jumlah traveler yang tak terhitung baik itu business, leisure maupun sosial dimana mereka semua adalah calon pelanggan.
  3. Menggerakan perekonomian daerah melalui kegiatan wisata dan membuka lapangan kerja.
  4. Menjaga dan melestarikan alam melalui pemanfaatan lahan dan Sumber Daya Alam
  5. Dapat bertemu dan menjalin hubungan dengan banyak orang seperti tamu dan lainnya yang mungkin dapat menjadi partner bisnis di kemudian hari.
  6. Memiliki asset yang produktif dalam menghasilkan pendapatan dan manfaat lain.
  7. Dan masih banyak lagi

Pada semua bisnis, umumnya lokasi memainkan peranan penting bagi keberhasilan bisnis kita, lokasi seperti pusat kota dan distrik bisnis menjadi pertimbangan utama namun ada juga yang memiliki visi berbeda dengan menyulap lahan kosong menjadi perumahan atau distrik bisnis baru.

Begitu pula pada destinasi wisata. Umumnya, kita akan memilih destinasi wisata yang ramai dikunjungi dengan harapan kemungkinan untuk menjaring tamu lebih besar tanpa menyadari bahwa bukan hanya kita yang berpikir seperti itu.

Semakin ramai sebuah destinasi, semakin banyak orang ingin berinvestasi di destinasi wisata dan itu akan membuat semakin banyak pesaing dari usaha kita yang pada akhirnya bisa memperkecil kemungkinan kita menjaring tamu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline