Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UMMI lakukan rutin kuliah lapangan, Cikaniki Resort Station

Diperbarui: 12 Februari 2024   08:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sukabumi, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muuhammadiyah Sukabumi telah melaksanakan kegiatan kuliah lapangan yang diselenggarakan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, pada Jum'at -- Minggu (16-18/06/2023). 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 4 yang mengontrak mata kuliah Ekologi, satu orang dosen serta tiga asisten praktikum. Kegiatan kuliah lapangan ini bertujuan mempraktikan berbagai teori dan prinsip ekologi yang telah dipelajari di kelas, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman materi perkuliahan melalui praktikum dan penyelidikan secara langung di lapangan, mengobservasi dan memperluas wawasan serta konsep seluruh fenomena ekologis di alam, memberikan pengalaman dalam bentuk keterampilan sains dilapangan yang berkaitan dengan ekologi di alam dalam pengukuran, penyelidikan, menganalisis, dan menyusun laporan secara ilmiah, serta membangun kepedulian terhadap lingkungan. Selain itu melalui kuliah lapangan ini diharapkan seluruh mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dalam merencanakan, mengorganisasi, dan mengelola kuliah lapangan dengan baik.

Mahasiswa menyatakan memperoleh pengalaman baru dari kegiatan observasi objek secara langsung. Disamping itu, kegiatan ini dapat mendukung mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains dimana para mahasiswa dapat merasakan pengalaman bagaimana seorang ilmuwan mendapatkan sebuah kesimpulan dari objek yang diamati.
"Dengan kegiatan adek -- adek dari UMMI tentunya kami sangat terbantu, dengan adanya berbagai kegiatan tersebut akan membantu kami untuk kelengkapan Data Base di kantor kami yang belum terkoordinir oleh kegiatan rutin kami. Dan dengan adanya adek -- adek dengan berkegiatan masuk ke hutan secara tidak langsung akan mengusir masyarakat/ oknum -- oknum yang berniat tidak baik akan terusik." Ungkap Bapak Iwan selaku Kepala Resort Station Cikaniki




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline