Lihat ke Halaman Asli

Perjalanan Karier Zayyan si Idol K-Pop Muslim Pertama asal Indonesia

Diperbarui: 26 Januari 2024   10:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: @xodiacofficial/Instagram

Nama Zayyan sempat trending di media sosial. Ia menjadi perbincangan lantaran ia merupakan seorang idol KPop asal Indonesia. Zayyan menambah jumlah muda-mudi Tanah Air yang berkarier di Korea Selatan sebagai seorang idol KPop, setelah Dita Karang.

Pada 25 April 2023, Muhammad Zayyan pemuda asal Indonesia telah melakuan debut pertamanya sebagai idol boygroup asal Korea Selatan yakni XODIAC yang merupakan grup naungan ganesi One Cool Jacso (OCJ) dengan jumlah sembilan member.  Keenam membernya bersaal dari Korea Selatan,  yaitu Hyunsik, Beomsoo, Lex, Wain, Gyumin, dan Dayin. Lalu dua member lainnya bersal dari Hongkong bernama Sing dan Leo. Terakhir Zayyan yang merupakan satu-satunya member asal Indonesia.

Penasaran dengan idol asal Indonesia yang satu ini? Berikut profil Zayyan XODIAC dan perjalanan kariernya !

Zayyan memiliki nama asli Muhammad Rifki Fahri Zayyan. Zayyan Lahir di Tanggerang pada 23 Februari 2000 dan diketahui memeluk agama Islam. Zayyan juga merupakan member tertua kedua setelah Hyunsik yang lahir pada tahun 1997.

Sebelum bergabung dan berhasil bergabung bersama XODIAC, Zayyan pernah mengikuti audisi Rising Star Indonesia musim ketiga pada 2018. Tapi sayang, ia tereliminasi di babak Live Audition. Tak langsung menyerah, Zayyan kembali mengikuti audisi Indonesian Idol musim 10 pada 2019. Ia berhasil lolos babak audisi. Namun dirinya gugur di babak Eliminasi 3. 

Setelah mengikuti ajang pencarian bakat Indonesia, Zayyan pun menyalurkan hobi menyanyinya dengan membuat Channel YouTube-nya yang bernama ZYYN pada 2020. Di Channel YouTube tersebut, Zayyan mengunggah berbagai konten cover lagu, mulai dari lagu Indonesia hingga lagu Amerika. Baik lagu milik BTS, lagu barat seperti lagu-lagu milik Justin Bieber dan Adele, maupun lagu milik penyanyi tanah air seperti Afgan dan Tulus. Di samping bernyanyi, Zayyan pernah menjadi talent CoppaMagzTV yang merupakan media Kpop asal Indonesia.

Sebelum masuk ke agensinya saat ini, diketahui Zayyan pernah menjalani masa trainee di SM Entertainment dan Kakao Entertainment. Lalu Zayyan pindah ke One Cool Jacso Entertainment dan mejadi trainee di sana pada 24 Oktober 2022. Kegigihan Zayyan akhirnya terbayarkan, dirinya berhasil mengamankan posisinya sebagai salah satu member XODIAC bersama delapan member lainnya.

Zayyan resmi bergabung menjadi anggota Xodiac pada 10 April 2023. Melalui akun Instagram resmi, Xodiac membagikan teaser individu serta foto para member, termasuk Zayyan untuk album pertama Xodiac yaitu Throw a Dice.

Itulah profil singkat Zayyan, salah satu member boygroup Korea Selatan XODIAC . Keberhasilan Zayyan sebagai artis di Korea juga memberi inspirasi bagi banyak warga Indonesia. Ia menjadi contoh bahwa dengan kerja keras, ketekunan, dan dedikasi, mimpi tersebut dapat terwujud. Ia telah membuktikan bahwa dengan tekad dan kerja keras, batasan-batasan budaya dan geografis dapat diatasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline