Lihat ke Halaman Asli

Moch Tivian Ifni

Penulis and pebisnis

"Lomba Menulis Essay Ramadhan" Kreasi Muda-Mudi Tumenggungan Dalam Bidang Literasi

Diperbarui: 28 Maret 2024   02:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Muda mudi poster

Suasana ramadhan tahun ini berbeda, tak lagi ada pembatasan kegiatan ataupun aktifitas keagamaan. Setiap orang beramai-ramai memeriahkan dan memakmurkan masjid untuk mendapatkan keberkahan di bulan suci  ramadhan tahun ini.

Kerinduan akan kemeriahan suasana itu yang menjadi dasar muda-mudi tumenggungan berinisiasi mengadakan lomba menulis essay bertemakan "ramadhan meriah, ramadhan berkah" yang dilaksanakan pada tanggal 18-22 maret.

Lomba itu di ikuti oleh seluruh anak-anak tumenggungan yang masih bersekolah di tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama dengan menggandeng para pihak terkait seperti RT dan sekolah SDN 1 Tumenggungan.

Moch Tivian 1

Mbak Yayuk Trinowati selaku ketua muda-mudi mengharapkan dengan adanya lomba ini selain mengisi ramadhan juga mendukung program literasi yang minim dan menumbuhkan minat menulis anak dengan bersinergi pada program Pemkab Lamongan "Geulis" Gerakan menulis.

"Ramadhan tanpa covid ini yang kami rindukan sehingga kegiatan ini bisa menjembatani kemeriahan itu dan minimnya literasi di tingkat anak" tutur mbak yayuk saat ditanya tentang visi lomba.

Muda-Mudi

Lebih lanjut, mas ifni sebagai ketua pelaksana dan juri penilai tulisan, menganggap jika kegiatan ini tak ada tendensi apapun dan merupakan kegiatan murni untuk melihat potensi anak-anak tumenggungan.

"Seperti yang dikatakan mbak yayu, program ini murni tanpa memiliki tendensi apapun karena visinya jelas untuk mengembangkan potensi anak di bidang tulisan. Saya sendiri siap memfasilitasi pengembangan anak yang juara untuk menjadi konten writer yang unggul" katanya.

Lomba ini sudah terlaksana secara baik dan telah mendapatkan juaranya yang di umumkan pada tanggal 25 maret 2024 kemarin. Berikut ini adalah rincian juara menulis essay bebas ramadhan :

  • Juara pertama adik bernama Chika Anggraini dari SDN 1 Tumenggungan dengan judul Ramadhan Berkah di Masjidku.
  • Juara Kedua adik bernama Sisilia dari SMPN 1 Lamongan dengan judul Hikmah, Anak Pencari Berkah.
  • Juara Ketiga adik bernama Hanun dari SD Banat-Banit dengan judul Keajaiban Lailatul Qodar.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline