Lihat ke Halaman Asli

Moch Tivian Ifni

Writers and socio entrepreneur

Ganjar atau Anies yang Kuat? Terpenting Jangan Golput

Diperbarui: 26 April 2023   18:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

By moch tivian 

Masih masuk bulan syawal ini, bulan kemenangan para umat muslim setelah menunaikan ibadah puasa di bulan suci ramadhan. Namun sudah hangat perbincangan politik diberbagai media massa baik online maupun televisi mengenai bakal calon presiden dan wakil presiden yang akan maju di tahun depan.
Banyak tokoh politik yang telah malang melintang dijagat media yang masuk prediksi bursa pencalonan dalam pemilihan tahun depan oleh para pakar politik. 

Kalau tidak salah, ada enam tokoh yang akan maju bahkan sudah ada survey tentang elektabilitas dan popularitas mereka oleh lembaga survey politik. Keenam tokoh itu sudah tidak asing, di antaranya :

  • Puan Maharani, sekarang menjabat sebagai ketua DPR RI, beliau berasal dari partai politik berlogo banteng yaitu PDIP.
  • Anies Baswedan, beliau pernah menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta dan mundur setelah mendeklarasikan diri sebagai bakal calon presiden tahun 2024. Ia seorang akademisi bukan dari partai politik karena karir beliau dimulai dari rektor muda di salah satu perguruan tinggi.
  • Ganjar Pranowo, siapa yang gak kenal beliau!, tentu banyak yang kenal dengan gaya beliau yang banyak di sorot media. Beliau menjabat gubernur jawa tengah saat ini dan berasal dari partai PDIP.
  • Prabowo Subianto, petinggi partai politik gerindra. Ia sudah dua kali ikut konstestasi politik bersaing dengan Pak Jokowi namun selalu kalah dalam pertaruhan. Beliau sekarang bergabung ke kabinet sebagai menteri pertahanan.
  • Ridwan Kamil, beliau sekarang menjabat sebagai gubernur jawa barat. Beliau sendiri berasal dari partai Golkar kalau lihat dibiografinya.
  • Agus Harimurti Yudhoyono, beliau anak dari presiden RI keenam, Pak SBY. Beliau bisa di bilang anak bawang di kancah perpolitikkan di Indonesia karena karirnya dimulai dari militer bukan politik. Terakhir ia pensiun dari TNi berpangkat Letkol.

Keenam tokoh itu lah yang masuk dalam prediksi bursa bakal calon presiden dalam pemilihan tahun 2024. Mereka berenam memang tokoh bangsa yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Dari keenam tokoh tersebut, hanya dua yang sudah pasti masuk dalam bursa pencalonan dalam pemilu tahun 2024, yaitu Pak Ganjar Pranowo yang resmi di usung partai PDI Perjuangan dan Pak Anies Baswedan di usung Partai Nasdem. 

Pak Anies sendiri menjadi orang pertama yang resmi mendeklarasikan diri sebagai bakal calon presiden dan mundur dari jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta.

Bicara politik, memang seru!, apalagi diselingi dengan secangkir Kopi duduk dengan kawan. Luar biasa asik, dan tak pernah abis. Selalu ada yang dibahas, entah peta kekuatan maupun idealisme individu.

Kali ini, secara pribadi saya akan membahas peta kekuatan dua pasangan yang telah resmi mendeklarasikan diri dan resmi di usung oleh partai politik, yaitu Pak Ganjar dan Pak Anies. Di antara keduanya, siapa yang unggul? Itu pertanyaan akan aku jawab dan uraikan dengan menggunakan dua indikator terpenting dalam penilaian kekuatan politik.

Pertama, indikator penting penilaian kekuatan yaitu elektabilats dan popularitas. Dalam berbagai survey oleh lembaga survey seperti SMRC, IPI, Litbang kompas, LSN dan DTS menempatkan posisi yang hampir sama seperti pada SMRC, IPI, Litbang Kompas dan DTS menempatkan Pak Ganjar unggul dari Pak Anies. 

Sementara menurut LSN justru kebalikkannya, Pak Anies unggul dari Pak Ganjar. Atas penilaianku sendiri yang diambil rataan dari kelima lembaga survey tersebut memang Pak Ganjar unggul dengan hasil 21,6% sedangkan Pak Anies hanya 16,46%. 

Dengan demikian dapat disimpulkan kalau Pak Ganjar memang memiliki tingkat elektabilitas dan popularitas yang lebih unggul dari Pak Anies. Istilah lainnya lebih mendapatkan perhatian publik lebih dengan citra yang memuaskan dibanding Pak Anies.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline