Potensi pertumbuhan bisnis e-Commerce di Indonesia diperkirakan cukup besar seiring dengan banyaknya pengguna internet. Transaksi perdagangan elektronik e-Commerce sudah menjadi bagian hidup dari sebagian masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda dan kelompok menengah. Oleh karena itu diharapkan kedepannya, masyarakat dapat memilih e-Commerce dalam melakukan transaksi atau pembelian suatu barang. Apalagi kini telah hadir banyak pelaku bisnis e-Commerce di Tanah Air, baik lokal maupun Internasional. Kondisi ini menghadirkan potensi bisnis yang sangat prospektif kedepannya.
Selain itu akses internet semakin murah dan cepat. Hal tersebut akan meningkatkan jumlah pengguna internet. Sehingga memudahkan si penjual dan pembeli dalam bertransaksi e-Commerce karena aksesnya yang cepat dan murah, dengan begitu siapa saja dapat bertransaksi hanya dalam sekedipan mata. Serta adanya dukungan dari sektor perbankan yang menyediakan fasilitas internet banking maupun sms banking yang akan mempercepat proses transaksi, karena mengefesiensi waktu dan tempat. Kita tidak perlu pergi ke bank untuk proses transaksi, cukup dengan duduk santai dirumah sambil bertransaksi via internet banking maupun sms banking.
Selain hal – hal yang disebutkan di atas, perkembangan E-commerce di Indonesia tentu harus didukung juga oleh adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan penipuan, dan berbagai potensi kerugian lainnya. Dengan demikian konsumen dapat berbelanja online secara aman dan nyaman.
Lalu bagaimana kunci sukses dalam e-commerce? sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
- Menyediakan harga kompetitif.
Harga harus kompetitif, agar customer meliliki pertimbangan yang pas dalam menentukan pilihannya. - Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
Pembeli adalah raja, meskipun transaksi berbasis online, penjual harus tetap tanggap, cepat, dan ramah dalam melayani calon pembeli produk atau jasanya tersebut. - Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
Hal ini membantu calon pembeli untuk segera menentukan keputusannya, karena dengan informasi yang lengkap dan jelas calon pembeli tidak akan bingung dengan pilihan barang atau jasa yang akan dibeli olehnya. - Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
Hal tersebut bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agar tertarik untuk membeli barang atau jasa. - Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
Hal ini membantu dan memudahkan konsumen agar tidak bingung dalam memilih produk dan jasa. - Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
Hal ini bertujuan untuk membangun e-Commerce yang lebih unggul lagi - Mempermudah kegiatan perdagangan
Dengan adanya e-Commerce memudahkan penjual dan pembeli dalam bertransaksi karena efesian dalam hal waktu, tempat, dan biaya.
Dengan adanya e-Commerce ini diharapkan ke depannya akan ada lebih banyak orang yang memilih jalur entrepreneurship dan memulai bisnis berbasis internet.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H