Lihat ke Halaman Asli

Vira Yuliani

Mahasiswa

Pemetaan Potensi Wilayah, Daya Saing dan Kerja Sama Antar Wilayah di Kabupaten Bulungan

Diperbarui: 11 April 2024   21:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: (Badan Pusat Statistik)

Kabupaten Bulungan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara yang terletak di wilayah pesisir dan memiliki berbagai keunggulan, sumber daya alam melimpah, keragaman suku masyarakat, dan potensi ekonomi. Kabupaten bulungan memiliki kecamatan terluas dibandingkan keempat kabupaten/kota, mayoritas suku penduduk, diantaranya, suku tidung, bulungan, dayak, banjar, bugis, jawa, dan suku-suku pendatang lainnya. Kabupaten Bulungan memiliki iklim tropis sangat basah dengan suhu konstan 22-35°C serta bentuk topografi bergelombang dan datar.

Kabupaten Bulungan memiliki potensi pembangunan, diantaranya pembangunan pangan, industri, perikanan, peternakan, pertanian, perkebunan, dan pariwisata, memiliki visi dan misi pembangunan yang terpusat mewujudkan Kabupaten Bulungan sebagai salah satu pusat pangan nasional, mengembangkan industri berbasis masyarakat yang berdaya saing tinggi, dan meningkatkan aksesibilitas infrastruktur dalam upaya mendorong percepatan pembangunan ekonomi rakyat, investasi daerah, wilayah pedalaman, terpencil dan pemerataan pembangunan.

Indonesia merupakan negara Maritim terbesar yang di dunia. Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati, sumberdaya mineral, sumberdaya laut, dan sumberdaya alam yang melimpah. Dari segi keanakeragaman dan sumberdaya alam, Indonesia memiliki potensi besar dari bidang pertanian, perkebunan, industri, perekonomian, pariwisata, dan bidang lainnya (Normelani et al. 2022)

Kabupaten Bulungan memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan secara bertahap, diantaranya: (1) Pertanian yang memiliki potensi besar dengan komoditas seperti kopi, kelapa, kakao, lada, cengkeh, jambu dan kelapa sawit. (2) Perikanan memiliki potensi tambak yang dapat dikembangkan masyarakat. (3) UMKM memiliki banyak usaha mikro kecil menengah yang dibangun masyarakat dapat ditingkatkan untuk perkembangan perekonomian. (4) Pariwisata memiliki potensi yang dapat dikembangkan secara luas dengan pembangunan fasilitas wisata dan pemasaran. (5) Pendidikan memiliki komposisi penduduk yang dapat diterapkan dalam pengembangan sektor pendidikan. (6) Infrastruktur memiliki fasilitas yang dapat ditingkatkan, seperti jalan, fasilitas transportasi dan sarana prasarana. (7) Sumberdaya alam memiliki banyak hutan hujan asri yang dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir pemanasan global. (8) Budaya dan Kesenian memiliki sejumlah keragaman agama, suku, serta budaya yang dapat digunakan untuk pengembangan rekreasi wisata di Kabupaten Bulungan.

Kabupaten Bulungan merupakan wilayah yang terletak di Kalimantan Utara, Indonesia. Penduduk di Kabupaten Bulungan pada tahun 2023 menurut data Sensus Penduduk Tahun 2023 mencapai 165.775 jiwa, dengan jumlah penduduk laki-laki sebanyak 87.393 jiwa dan penduduk perempuan sebanyak 78.382 jiwa. Kabupaten Bulungan memiliki luas wilayah daratan sekitar 13.181,92 km2, yang menghasilkan kepadatan penduduk sebesar 13, setiap km2 dihuni 15-20 orang.

Tabel 1 Jumlah Penduduk Kabupaten Bulungan

Kabupaten Bulungan merupakan daerah ibukota Kalimantan Utara, memiliki kepadatan penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya dengan penduduk terbanyak berada di Kecamatan Tanjung Selor sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Utara, diiringi dengan pembangunan besar-besaran untuk menciptakan infrastruktur yang memadai kebutuhan masyarakat, baik sarana hiburan, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.  

Holtikultural di Kabupaten Bulungan adalah pembangunan pertanian yang mencakup hortikultur dan teknologi pertanian, diarahkan untuk mendukung ketahanan pangan, hilirisasi bahan baku industri, dan mendukung ekspor. Pengembangan hortikultural di Kabupaten Bulungan meliputi pemanfaatan teknologi informasi, peningkatan produksi, produktivitas, harmonisasi dan sinergi kebijakan.

Tabel 2 Komoditas Tomat di Kabupaten Bulungan

Sumber: (Badan Pusat Statistik)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline