Lihat ke Halaman Asli

Syaripudin Zuhri

TERVERIFIKASI

Pembelajar sampai akhir

Ada Harapan Tulisan Anda Dibukukan dan Diterbitkan

Diperbarui: 19 Februari 2016   11:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buku berjudul "Jokowi( Bukan) untuk Presiden" adalah salah satu bukti bahwa tulisan kompasioner bisa dibukukan, diterbitkan, ditribusikan dan dijual di pasaran. Sumber: kompasiana.com

 

Wao sudah ratusan ribu bahkan mungkin jutaan orang yang terus menerus berbagi di dunia internet, termasuk di ruang ini. Yang tak bosen-bosennya menulis dan menulis, sehingga menulis seperti candu, bila tak menulis satu hari saja, misalnya, seperti ada sesuatu yang hilang. Ya boleh-boleh saja, sah-sah saja, toh tak dibayar ini, gratis ini, mau kapanpun ditayangkan, sekarang, hari ini, saat ini juga oke-oke saja 24 jam full. Bahkan mau menulis puluhan artikel seharipun, kalau mampu, ya silahkan saja, tak ada yang melarang.

Bahkan mau menulis sampai pembacanya muntah sekalipun, boleh-boleh saja. Sekali lagi tak ada yang menseleksi, tak ada yang mengedit, semua jenis tulisan, asal tak berbau SARA, akan ditayangkan di sini, di kompasiana ini. Paling-paling kalau tulisan tersebut mengandur unsur kebencian, menurut admin tentunya, maka tulisan anda akan di block, suka atau tidak, admin punya kuasa di kompasiana ini dan seandainya tulisan anda dihapuspun, anda tak bisa berbuat apa-apa.

 Seandainya andapun protes, prostes untuk apa? Toh anda tak mendapat bayaran apa-apa terhadap tulisan anda, anda hanya mendapat kebahagiaan ketika tulisan anda ditayangkan, ada pembaca atau tidaknya, itu urusan belakangan. Sedikit atau banyak pembaca, itu hanya soal selera dan soal waktu.

Jadi apakah tulisan itu kuat atau lemah, punya power atau tidak, berbobot atau hanya angin lalu, itu bukan soal, lagi-lagi ini milik bersama, semuanya boleh menulis apa saja, tentang apa saja, masalah apa saja, boleh dibilang dari yang paling sederhana, soal sepele sampai soal politik yang rumit, dari urusan dapur sampai urusan kubur, dari KPK sampai ke TKP, dari urusan yang membosenkan sampai urusan yang menyenangkan, dari masalah yang mengasikan sampai yang menjengkelkan, dari masalah cinta sampai masalah negra, dari urusan dunia sampai urusan akherat, dan lain sebagainya, pokoknya lengkap ada di sini, di kompasiana ini.

Namun kalau mau diamanati banyak juga yang seperti angin lalu, ditulis, lalu hilang ditelan sang waktu, ya itulah kehidupan di dunia maya. Mau terus menulis, silahkan, mau mundurpun tak ada yang melarang. Yang jelas setiap tulisan yang menarik dan bermanfaat akan dibaca orang. Jangankan tulisan yang serius yang berbobot, yang berkualitas, tulisan yang hanya dua –tiga alineapun akan dibaca orang. Sesederhana apapun tulisan tersebut, bila judulnya menarik, akan menarik pembaca untuk membacanya, tak hanya membaca judulnya.

Lalu bagaimana tulisan untuk bisa menarik pembaca? Wah itu sih sudah banyak dibahas orang, secara tiori mungkin sudah “luber”, ibarat orang makan, sudah kebanyakan makan, sudah kekenyangan, karena sudah kenyang dengan tiori, hanya tinggal melaksanakannya. Sederhananya seperti singkatan ini, LBGT, lu beri gue terima. Apa lagi kalau memberinya secara baik-baik atau ikhlas, menerimanyapun tentu dengan riang gembira sentosa bahagia dan sejahtera. Mungkin sekedar berbagi, agar tulisan banyak dibaca orang atau minimal dibaca orang, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian, apa itu?

Ø  Tulisan tentang tokoh yang sedang menjadi media darling, seperti tentang Jokowi, Ahok, Ridwan Kamil, Bu Risma dan lain sebagainya.

Ø  Sedang actual, seperti masalah kali jodoh yang lagi ramai dibacarakan orang, kasus LGBT, artis yang sedang terlibat kasus tertentu dan lain sebagainya.

Ø  Tip tentang kesehatan yang bermanfaat buat orang banyak, misalnya tetang manfaat timun, tomat, kentang, pisang dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline