Lihat ke Halaman Asli

Literasi Keuangan Digital

Diperbarui: 19 Agustus 2024   23:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

        Seiring berkembangnya zaman yang semakin digitalisasi. Sehingga, perkembangan ini harus di ikuti dengan penguatan literasi keuangan digital. Serta memadainya literasi digital untuk mencapai keberhasilan dan keluar dari jeratan paradigm dan keniscayaan di era ini. Agar dapat menggunakan atau mengaplikasikan dengan benar dan bijak. Keuangan digital adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan dampak teknologi baru pada industri jasa keuangan. Hal tersebut, membuat keterampilan literasi keuangan digital bukan sekedar lifestyle atau gaya hidup di era revolusi industri 4.0, melainkan sebuah kebutuhan. Keuangan digital menjadi sangat penting, terutama bagi sobat-sobat muda yang terbiasa dengan dunia digital.

          Literasi keuangan digital atau digital financial literacy (DFL) merupakan sebuah pengetahuan wawasan terkait kegiatan pelayanan keuangan atau pembayaran yang memanfaatkan teknologi secara digital. Berkat beragamnya metode pembayaran yang saat ini sudah tidak lagi secara tunai, melainkan harus dengan non tunai atau biassa disebut chasless. Karena perkembangan teknologi yang semakin pesat, literasi keuangan digital pun menjadi kebiasaan sehari hari dilakukan. Literasi Keuangan digital penting bagi generasi muda karena beberapa faktor, yaitu: 

1.Kemudahan untuk mengakses dan mengelolah

2.Berkesempatan investasi

3.Pemahaman terhadap risiko

4.Membangun kemandirian finansial (keuangan)

         Dengan memahami literasi keuangan digital lebih mendalam, akan ada manfaat yang diperoleh masyarakat. Manfaat-manfaat literasi keuangan digital tersebut diantaranya:

1.Perubahan pembayaran dalam jangka panjang

2.Membantu perkembangan layanan jasa dan produk

3.Mempermudahkan transaksi keuangan

4.Mendorong inklusi keuangan dengan mudah dan cepat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline