Lihat ke Halaman Asli

Vionita Tri Nuraeni

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Efektivitas Proses Perkembangan Sumber Daya Manusia Dalam Teori Hasibuan (Peserta) Di Sekolah Islam Terpadu

Diperbarui: 29 November 2024   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Poto:https://images.app.goo.gl/YMENJcNsKmuCSfHa9

Efektivitas Proses Perkembangan Sumber Daya Manusia (Pendidik) Dalam Teori Hasibuan (Peserta) di Sekolah Islam Terpadu.

Oleh: Vionita Tri Nuraeni

Mahasiswa Semester 5 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Kelas MPI E, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Keempat, Peserta

Menurut hasibuan, Peserta dapat menetapkan syarat dan jumlah peserta yang dapat mengikuti pengembangan. Misalnya usia, jenis kelamin, pengalaman kerja, dan latar belakang pendidikannya.

Peran peserta dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sekolah sangat penting karena mereka merupakan bagian dari komunitas sekolah yang turut memengaruhi keberhasilan pengembangan ini. Berikut peran-peran peserta dalam pengembangan SDM secara terperinci:  

Pertama, Peserta Didik

- Motivasi Belajar; Peserta didik yang aktif, antusias, dan bersemangat belajar dapat memotivasi guru untuk terus meningkatkan kompetensi dan metode pengajaran.  

- Feedback; Memberikan umpan balik terhadap metode pengajaran dan materi pelajaran membantu guru memperbaiki pendekatan pembelajaran.  

- Keterlibatan; Berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, lomba, dan program sekolah untuk mendukung pengembangan kemampuan staf pengajar dalam mengelola kegiatan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline