Lihat ke Halaman Asli

Vionita Tri Nuraeni

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Efektivitas Proses Perkembangan Sumber Daya Manusia Dalam Teori Hasibuan (Sarana) di Sekolah Islam Terpadu

Diperbarui: 29 November 2024   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Poto: https://images.app.goo.gl/iJzyZrSSUbDqYMee8

Efektivitas Proses Perkembangan Sumber Daya Manusia (Pendidik) Dalam Teori Hasibuan (Sarana) di Sekolah Islam Terpadu.

Oleh: Vionita Tri Nuraeni

Mahasiswa Semester 5 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Kelas MPI E, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. 

Ketiga, Sarana

Menurut Hasibuan, sarana adalah Mempersiapkan tempat dan alat-alat yang akan digunakan dalam pelaksanaan pengembangan. 

Penyediaan sarana harus mempertimbangkan prinsip ekonomi dan kenyamanan, serta lokasi yang strategis untuk mendukung proses pengembangan. Sarana penyediaan tempat dan alat-alat harus didasarkan pada prinsip ekonomi serta berpedoman pada sasaran pengembangan misalnya tempat pengembangan hendaknya strategis, tenaga, nyaman, dan tidak mengganggu lingkungan.

Sarana pengembangan sumber daya manusia (SDM) dapat berupa: pelatihan dan pengembangan keterampilan, pembelajaran digital melalui webinar, simulasi, dan video pelatihan, tugas sebagai bentuk kepercayaan, feedback, reward, fasilitas yang lengkap untuk karyawan, dorongan untuk melanjutkan pendidikan formal.

Beberapa contoh sarana pengembangan sumber daya manusia yang dapat dilakukan adalah:

- Pelatihan keterampilan teknis

- Pelatihan keterampilan soft skills

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline