Lihat ke Halaman Asli

Kajian Islam dan Ekonomi

Diperbarui: 12 Desember 2021   13:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia adalah negara kesatuan yang mana terdiri dari 6 (enam) agama resmi yaitu; Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.  

Oleh karena itu, sebagai masyarakat  yang menganut agama Islam kita dituntut untuk selalu menaati dan melaksanakan kaidah-kaidah Islam dalam keseharian baik dari cara bersosialisasi bagaimana cara kita dalam bertransaksi.

Hingga dalam masalah ekonomi sehingga kita dapat menjauhi hal-hal yang di larang dalam islam spesifiknya adalah menjauhi praktik praktik riba dalam perekonomian di Indonesia ini memang tidak mudah membedakan mana yang riba mana yang tidak oleh sebab itu artikel ini dibuat sedimikian rupa agar dapat memberikan ilmu kepada pembaca sehingga dapat membedakan riba dan tidak juga dapat mengerti terkait hubungan islam dan ekonomi dan menjadikan pedoman utama dalam perekonomian sehari-hari

Islam merupakan suatu agama yang ajaran-ajaranya bersumber dari wahyu Allah yang diturunkan kepada Manusia melalui Muhammad SAW, Sebagai Rasulnya, harun Nasution menguraikan Panjang lebar bergai segi dan ilmu yang menajdi cakupan tau pembahasan dalam Pendidikan Agama Islam. 

Dari segi kebahasaan Islam berasal dari bahasa Arab yaitu kata "salima", yg mengandung arti selamat, sentosa dan damai. Dari kata salima selanjutnya diubah menjadi bentuk aslama yg berarti berserah diri masuk dalam kedamaian. 

Sumber lain: salima yang berarti selamat sentosa kemudian dibentuk kata aslama yg berarti memeihara dlm keadaan selamat sentosa, dan berarti pula menyerahkan diri, tunduk, patuh, taat. 

Kata aslama inilah yg mengandung arti dari segala arti yg terkandung di dalam pokok artinya. Oleh sebab itu orang yg berserah diri, patuh dan taat disebut sebagai orang Muslim. (Abuddin Nata, Metodologi....h. 61-62).

A. Pengertian Islam

Pengertian Islam secara harfiyah adalah damai, selamat, tunduk, dan bersih. Kata Islam terdiri dari tiga huruf, yaitu S (sin), L (lam), M (mim) yang memiliki makna dasar "selamat" (Salama). 

Pengertian Islam secara bahasa ini, dapat disimpulkan Islam adalah agama yang membawa keselamatan hidup manusia selama berada di dunia dan di akhirat (alam kehidupan setelah kematian). Islam juga merupakan agama yang mengajarkan umatnya untuk menebarkan keselamatan dan kedamaian, antara lain tercermin dalam bacaan shalat sebagai ibadah utama yakni ucapan doa keselamatan "Assalamu'alaikum warohmatullah".

Islam berasal dari kata "aslama yang berarti berserah diri atau pasrah. Hal ini menunjukkan bahwa seorang pemeluk Islam merupakan seseorang yang secara ikhlas menyerahkan jiwa dan raganya hanya kepada sang pencipta, yakni Allah SWT. Penyerahan diri ini ditandai dengan pelaksanaan terhadap apa yang telah Allah perintahkan serta menjauhi segala larangan-Nya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline