Lihat ke Halaman Asli

Peran UMY dalam Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa

Diperbarui: 20 Mei 2023   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prakitik Pengembangan Kewirausahaan 

Pentingnya wirausaha bagi kesejahteraan suatu bangsa tidak lagi diragukan kebenarannya. Sehingga menambah jumlah wirausaha di sebuah negara termasuk Indonesia menjadi kunci untuk bangsa yang sejahtera.Pengembangan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa UMY  dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang mengutamakan inovasi, kreativitas dan kemandirian.

Karena kewirausahaan merupakan kemampuan yang dapat dipelajari, maka pendidikan kewirausahaan perlu diberikan secara berkesinambungan atau harus ditanamkan secara terus menerus untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan wirausaha / entrepreneurship. Di UMY membangun jiwa kewirausahaan khususnya pengalaman praktik pembelajaran yang telah diajarkan oleh dosen dan diterapkan langsung dilapangan oleh mahasiswa. Metode pembelajaran yaitu memberikan pemahaman teoritis, memberikan motivasi kepada mahasiswa tentang kewirausahaan, mengadakan studium generale dengan pembicara dari pakar kewirausahaan, mengadakan acara kuliah tamu dengan dosen tamu dari praktisi wirausaha sukses dan studi lapangan ke tempat-tempat usaha kecil dan menengah.

whatsapp-image-2023-05-19-at-23-47-39-64687abd08a8b506fd4884d4.jpeg

Sebagai masyarakat yang modern, apalagi seorang yang berpendidikan kita seharusnya  jangan hanya mencari pekerjaan, tetapi kita juga harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan berwirausaha. Kita sudah sering mendengar kalimat "sebuah bangsa bisa maju,jika wirausahanya maju"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline