Lihat ke Halaman Asli

Viona Suryono

Mahasiswa

Analisis Prinsip 'Basic' di Portal Berita Online Kapanlagi.com

Diperbarui: 7 November 2021   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: freepik.com

Paul Bradshaw (2012) merumuskan lima (5) prinsip jurnalisme multimedia yang disebut 'BASIC' dan meliputi Brevity, Adaptability, Scannability, Interactivity, dan Community. Berikut adalah analisis 'BASIC' terhadap portal berita online Kapanlagi.com

  • Brevity

Setelah melihat beberapa artikel yang dimuat di laman Kapanlagi.com, artikel-artikel yang bersifat hiburan cenderung memuat lebih sedikit kata dan mengandung cukup foto. Artikel-artikel ini mudah dibaca, memiliki paragraf yang pendek, serta tidak membosankan karena menyertakan ilustrasi. Font yang digunakan juga mudah dibaca serta ukurannya pas.

Menurut analisis terhadap laman online Kapanlagi.com, dapat disimpulkan bahwa rata-rata artikel yang dimuat berjumlah 180-300 an kata. Sedangkan untuk artikel seperti review film, dan artikel yang termasuk ke dalam kapanlagi plus, berjumlah 300-900 an kata. Kemudian di tab video, dapat ditemukan video-video berita yang rata-rata berkisar antara 1-2 menit. Durasi yang cocok sehingga penonton tidak merasa bosan.

  • Adaptability

Setiap artikel yang ada di laman Kapanlagi.com memiliki tag untuk menggambarkan topik artikel tersebut, serta memudahkan pembaca untuk memilih jenis artikel yang ingin dibaca. Selain itu, setiap artikel juga termasuk kedalam kategori mereka masing-masing, seperti Artis, Hollywood, Film, Musik, Korea, dan lainnya. Di bagian atas laman utama juga tercantum tag-tag yang sedang trending dan banyak dibaca.

  • Scannability

Judul dari artikel-artikel yang dimuat di laman Kapanlagi.com dicetak besar, tebal, serta jelas. Di awal artikel juga ditulis paragraf pengantar. Kemudian untuk artikel yang tergolong panjang, disertai dengan sub judul sehingga pembaca dapat langsung melompat dan membaca informasi yang diinginkan. Sub judul juga membuat artikel lebih tertata dengan jelas. Namun untuk kata-kata yang penting dan perlu diperhatikan belum diberi highlight atau dibold. Terdapat beberapa hyperlink yang disertakan di tengah-tengah artikel dan merupakan tautan untuk membaca artikel yang lain, atau artikel sejenis yang mungkin diminati pembaca.

  • Interactivity/ Interaktivitas

Pembaca disuguhi hyperlink untuk dapat membaca artikel sejenis atau artikel lainnya yang menarik. Kapanlagi.com memiliki tab tersendiri bagi video-video, dan pembaca dapat dengan mudah menonton, menekan pause, dan fast forward pada video-video tersebut. Kemudian, Kapanlagi.com juga menyediakan berbagai kuis hiburan yang dapat dimainkan oleh pengunjung. Namun masih banyak artikel yang tidak melampirkan hyperlink sumber.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline