Konvergensi media lama menjadi media baru mencakup perubahan terhadap produksi, distribusi, dan penggunaan media itu sendiri. New media atau media baru memiliki lima (5) karakteristik utama, yaitu digital, interaktif, hiperteksual, virtual, berjejaring, dan Stimulasi.
Dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini, muncullah istilah new media atau media baru. Lalu apa itu media baru?
Media baru merupakan teknologi komunikasi berbentuk digital yang sudah terhubung melalui jaringan internet. Penyampaian pesan dalam new media didistribusikan secara online.
Sedangkan media lama atau old media merupakan proses produksi informasi yang dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian cetak (majalah, koran, tabloid), dan bagian media elektronik (televisi dan radio).
Apa saja contoh new media? new media meliputi Twitter, Instagram, Youtube, radio streaming, dan sosial media lainnya.
Dibandingkan dengan media baru, proses penyampaian komunikasi melalui media lama bersifat anonim dan heterogen. Masyarakat juga tidak terhubung pada media ataupun sesama pengguna.
Berbeda dengan media baru juga, proses distribusi informasi melalui media lama bersifat dijadwalkan sesuai waktu yang ditentukan oleh media tersebut.
Selanjutnya mari kita simak keenam karakteristik utama yang dimiliki media baru!
1. Digital
Jika informasi dalam media lama diubah atau ditransformasikan menjadi bentuk cetak, dalam media baru informasi tersebut diubah menjadi bentuk 'digital' atau diproses sehingga dapat ditampilkan secara online di internet.