Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inovatif

Diperbarui: 23 Januari 2023   20:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran di SMP Negeri 39 Kota Bekasi


Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi procedure text melalui pembelajaran inovatif 

A. Latar Belakang Masalah :

  • Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran
  • Siswa kurang termotivasi belajar bahasa inggris
  • Siswa kurang berpikir kritis

Mengapa praktik ini penting?

Sebagai informasi dasar terkait permasalahan yang terjadi didalam kelas agar dapat dicari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Peran Dan Tanggung Jawab

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini sebagai Guru adalah harus melakukan proses pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan motivasi peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

B. Tantangan :

  • Guru kurang menguasai model-model pembelajaran inovatif
  • Guru kesulitan merancang pembelajaran berbasis HOTS
  • Kurangnya fasilitas yang tersedia disekolah, seperti belum tersedianya jaringan internet di setiap kelas.

Siapa Saja Yang Terlibat?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline