Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Tematik UM Membantu Pelayanan Administrasi Desa Karangduren

Diperbarui: 10 Januari 2022   10:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN bersama perangkat desa (Dokpri)

Pelayanan desa merupakan jasa pelayanan yang menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan di lingkungan desa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pelayanan bagi masyarakat sangat penting dilakukan oleh desa karena dengan adanya pelayanan tersebut, masyarakat akan mendapatkan informasi yang akurat dan dapat diperoleh secara cepat oleh masyarakat di desa tersebut. Pelayanan di desa juga membutuhkan sistem informasi yang baik. Dimana sistem informasi tersebut dapat mempermudah proses pelayanan yang diberikan desa kepada masyarakatnya.

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa KKN Tematik UM membatu Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji dalam melakukan pelayanan adminisitrasi desa. Kegiatan ini dilakukan selama 2 bulan yaitu dimulai pada bulan September hingga November . Pelaksanaan kegiatan ini dibagi dalam jadwal piket setiap harinya . Ada beberapa tahapan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu tahap awal pelaksanaan kegiatan ialah melakukan survei Desa Karangduren. Selanjutnya kegiatan observasi untuk melihat tata kelola proses pelayanan administrasi desa karangduren dan lain sebagainya. Hingga yang terakhir tahap evaluasi.

 (Dokpri) Pelaksanaan Pelayanan

Dengan bantuan kerjasama antara mahasiswa KKN dan perangkat desa Karangduren, sehingga kegiatan ini dapat membantu dan memberikan pelayanan  yang baik kepada masyarakat desa karangduren. Desa Karangduren memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak, sehingga diperlukan suatu sistem informasi pelayanan penduduk dalam mengelola data-data penduduk yang akurat, mudah dan cepat. Desa Karangduren melakukan proses pelayanan administrasi kependudukanyaitu pembuatan surat-surat kelahiran, kematian, penduduk pindah, penduduk datang, pendataan penduduk dan pembuatan laporan serta surat keterangan usaha dan lain sebagainya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline