Lihat ke Halaman Asli

10 Prinsip Jurnalisme: Prinsip Prinsip yang Masih Dilaksanakan hingga Saat Ini

Diperbarui: 6 Desember 2023   10:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.myeducationrepublic.com/

Menurut Bill Kovach dan Tom Rosenstiel Dalam bukunya yang berjudul ‘The Elements of Journalism’, Bill Kovach dan Tom Rosenstiel awalnya hanya merumuskan sembilan elemen jurnalisme. Namun, dalam perkembangannya, Bill Kovach dan Tom Rosenstiel menambahkan satu elemen jurnalisme, yakni prinsip kesepuluh yang intinya menekankan bahwa warga juga punya hak dan tanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan berita.

Terdapat 10 prinsip dasar jurnalisme yang mana saat ini masih relevan dipakai dalam menyampaikan sebuah berita, yaitu :

  • Tugas utama pratisi jurnalisme adalah meberitakan kebenaran, menurut saya dalam memberitakan sebuah berita jurnalis harus memberikan informasi yang tidak memihak pada siapapun dan memberikan informasi yang sebenar benarnya dan kebenaran fungsional yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Loyalitas utama wartawan pada masyarakat, menurut saya sebagai pratisi jurnalisme wartawan tidak boleh memihak siapapun dan loyalitas wartawan untuk masyarakat bukan untuk perusahaan tempatnya bekerja, pembaca atau pengiklan wartawan harus berpihak pada kepentingan umum.
  • Esensi Jurnalisme verifikasi, seorang jurnalis harus besifat terbuka dan transparan dan pembuatan dalam berita harus mengunakan data yang sesuai serta kebenaranya di verifikasi. Artuinya seorang jurnalis harus meberikan informasi yang mengacu pada sumber data verifikasi dan seorang jurnalis harus bersifat terbuka dan transparan untuk menyampaikan suatu berita.
  • Wartawan harus Idependen, dalam membuat berita wartawan tidak boleh memihak salah satu sumber atau opini pribadi sendiri wartawan wajib memberikan opini mengacu pada sumber data yang utama.
  • Jurnalis harus meberi forum bagi public, artinya jurnalis atau wartawan harus memberi ruang bagi para pembacanya untuk berkomentar, memperkaya informasi, bahkan memberi kritik terhadap informasi yang diberitakan, di era skerang ini masyarakat bisa mengkritik suatu berita melalu media social.
  • Jurnalis harus membuat berita yang koperhensif dan propesional, koperhensif dan rasional digunakan mejaga akurasi kebenaran berita yang meliputi semua unsur berita 5 W + 1 H. seorangh jurnalis harus menerapkan 5 unsur berita tersebut untuk menyajikan berita yang akurat dan propesional.
  • Jurnalis harus mendengarkan hati nurani, artinya jurnalis harus mempunya etika dan tanggung jawab personal termasuk juga redaksi hinga dewan direksi harus mempunyai tanggung jawab untuk menyuarakan hati nuraninya. Pratisi juranlisme wajib untuk memiliki etika ketika mencari informasi dan memberikan informasi.
  • Jurnalis harus memikat dan relevan, jurnalis tidak hanya membuat artikel yang sensasional untuk memikat pembaca tetapi harus memberikan berita yang relevan dan penting untuk pembaca
  • Hak dan Kewajiban terhadap Berita. Kita sedang berada dalam Revolusi Komunikasi. Jurnalisme bukan sekedar informasi. Demokrasi dan jurnalisme lahir bersama-sama dan mereka juga akan jatuh bersama-sama.
  • Jurnalisme harus memantau kekuasaan, menyambung lidah yang tertindas. Artinya meberikan tempat untuk pihak yang tidak bisa bersuara untuk menyuarakan opininya.

Berikut adalah 10 prinsip yang menurut saya masih dilaksanakan hingga saat ini, elemen jurnalisme ini muncul dengan pekembangan teknologi informasi. Dalam elemen ini, masyarakat juga punya hak untuk menciptakan media sendiri, mulai dari membuat blog, jurnalisme warga (citizen journalism), media alternatif, dan lain sebagainya. Oleh karena itu saya menghimbau untuk teman teman dan masyarakat untuk mengimplemntasikan 10 prinsip prisnip jurnalistik di atas untuk membertitakan suatu berita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline