Lihat ke Halaman Asli

Viola Eva Reditiya

Ruang Sendiri

Eksistensi NU di Usia yang Baru

Diperbarui: 31 Januari 2021   20:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kalau tidak ada NU, mungkin Ahlussunnah Wal Jamaah di Indonesia sudah hilang (Habib Umar)

Berangkat dari pepatah diatas, sebenarnya NU itu apa sih ?

NU merupakan sebuah organisasi islam terbesar yang mampu mengepakkan sayapnya hingga menuju usia yang baru. Usia yang tidak lagi muda, usia yang dibilang cukup lama untuk terjun ke dunia.

Menjadi sebuah organisasi terbesar tentunya memberikan eksistensi sendiri bagi para pengikutnya. Paling tidak harus paham apa sebenarnya NU itu?

Organisasi NU atau lebih terkenal dengan azaznya "Ahlussunnah Wal Jamaah" yang memiliki maksud seseorang yang mengikuti sunnah dari Nabi maupun Sahabatnya.

Lalu bagaimana dengan banyak organisasi islam di Indonesia yang sama-sama berpedoman dengan "Ahlussunnah Wal Jamaah"?

Umat-umat ciptaan tuhan yang sebelum-sebelumnya memiliki agama yang beraneka, mulai dari yahudi, nasrani dan agama islam.

Kemudian bagaimana dengan perkataan bahwa ada satu golongan islam yang akan masuk surga? Golongan tersebut yang yakin akan wahyu Allah, Menjalani segala sunnah nabi dan terakhir percaya akan ijma' dan qiyas para ulama'

Ada sebuah pertanyaan yang mendasar lagi, kenapa kita perlu mazhab? Dikarenakan 4 imam mazhab ini seseorang yang ahli dalam berijtihad. Seseorang yang hafal Al Qur'an, Mengerti asbabun nuzulnya hadist, mengerti mana hadist hasan maupun dhoif, dan terakhir ke-empat imam ini mengetahui mana ayat yang pantas untuk dijadikan pedoman.

Bagaimana jika berkhidmah di NU tapi kita masih sekolah? Caranya gampang, coba aktif di organisasi IPNU IPPNU. Sebagai wujud peduli, cinta kasih, berjuang dari hati. Kita juga senantiasa istiqomah ikut kegiatan yang diadakan, rutinan, istighosah, ngaji kitab dan lain sebagainya.

 Tidak ada hal yang mustahil kalau memang kita niat. Sebagai wujud pengorbanan di Harlah NU yang baru, semoga semua umat muslim senantiasa diberkahi umur yang barokah, rezeki yang berlimpah, dan semangat yang berlipat ganda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline