Lihat ke Halaman Asli

Tri VionitaSujianto

Mahasiswa UIN SAIZU PURWOKERTO

KKN 82 Desa Candiwulan Edukasi Orang Tua Soal Pola Pengasuhan di Era Digital

Diperbarui: 5 Agustus 2024   14:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kelompok 82

Banjarnegara, 5 Agustus 2024-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 82 Desa Candiwulan sukses menggelar kegiatan Program Kerja Unggulan "Parenting" bertema "Pola Pengasuhan Anak di Era Digital" yang bertempat di TK PGRI Candiwulan pada Sabtu, 3 Agustus 2024. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua mengenai pentingnya adaptasi pola pengetahuan dalam menghadapi perkembangan teknologi yang pesat.

Dalam era digital, anak anak semakin akrab dengan gadget dan internet. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua dalam membimbing tumbuh kembang anak. Melihat kondisi tersebut, mahasiswa KKN 82 berinisiatif untuk mengadakan kegiatan "Parenting" ini.

Mukhammad Zaini Nadzif, selaku ketua pelaksana, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat di desa candiwulan. "Kami ingin memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat desa candiwulan, khususnya orang tua yang memiliki anak di usia rentan akan kecanduan, Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat membantu para orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat bagi anak anak di era digital," Ujarnya.

Kegiatan ini diisi oleh Dosen UIN SAIZU Purwokerto, Intan Nur Azizah, M.Pd. Beliau menyampaikan, bahwasannya orang tua harus mengetahui cara terbaik untuk mengasuh anak agar berkembang dengan baik dalam era digital yang semakin berkembang dengan cara menghadirkan kedekatan anak dengan orang tua, menjaga komunikasi antara orang tua dengan anak, serta orang tua harus selalu melihat tumbuh kembang anak.

Bu Intan juga menyampaikan bagaimana cara menghadapai anak anak yang mudah tantrum dan juga bagaimana pola asuh yang baik ketika merawat anak anak perempuan dan anak laki laki yang memiliki perbedaan cukup signifikan. Materi yang disampaikan sangat menarik sehingga menarik perhatian para orang tua untuk bertanya dan juga berdiskusi tentang permasalahan permasalahan yang orang tua hadapi ketika mengasuh anak.

Kegiatan parenting ini mendapat sambutan yang baik dan positif dari para orang tua/ wali murid dan juga guru di TK PGRI Candiwulan. Kami berharap kegiatan serupa dapat diadakan secara berkala agar para orang tua dapat terus memperoleh informasi dan pengetahuan terbaru mengenai pola pengasuhan anak.

Selain kegiatan parenting kepada orang tua melaksanakan parenting, KKN 82 juga melaksanakan kegiatan Lomba Mewarnai dengan tema "Gizi Baik" untuk anak anak di TK PGRI Candiwulan. Anak anak sangat antusias terkait kegiatan ini sembari menunggu para orang tua yang sedang diberikan edukasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline