Lihat ke Halaman Asli

Vinsensius SFil

Sarjana Filsafat

Ada Apa Dengan Air? (Dilihat Dari Filsafat Thales)

Diperbarui: 5 Mei 2023   01:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indahnya air laut (Dokpri)

Di zaman Yunani kuno sudah ada orang yang berpikiran logis, yaitu Thales, filsuf pertama, yang hidup pada abad ke -6 SM. Dia bergulat tentang arkhe, yaitu prinsip utama atau asal usul dari alam semesta. Menurut dia, arkhe itu adalah air. Mengapa air? Karena air ada di dalam segala sesuatu yang hidup dan mati. 

Setiap makhluk hidup memiliki air dalam tubuhnya. Demikian pula benda mati pun mengandung air dingin dalamnya. Jadi, air adalah asal usul dari alam semesta. 

https://www.sastrawacana.id/2020/07/7-filsuf-yunani-kuno-dan-hasil.html

Tampaknya sederhana memang pemikirannya jika kita melihatnya dari sudut pandang kita sekarang. Tetapi bayangkan pada zaman itu,  saat semua orang belum menggunakan logika dan belum ada kecanggihan teknologi seperti sekarang, sudah ada orang yang berpikiran logis seperti Thales, kan luar biasa. 

Eh.. berbicara tentang air. Tidak hanya zaman Thales, zaman sekarang pun air tetap menjadi prinsip utama dalam hidup kita. Tanpa air kita akan mati. Kita butuh air untuk minum, masak, mandi, mencuci pakaian dan lain-lain. 

Maka, jagalah kebersihan air. Jangan buang sampah sembarangan di sungai, laut atau parit sekalipun. Menjaga kebersihan air menjadi tindakan yang logis lebih dari sekedar berpikiran yang logis dan muluk-muluk. Filsafat akan berguna jika mendarat sampai pada tindakan yang nyata dan bijaksana. 

Salam pencerahan. Mari berdiskusi secara logis dan bijaksana. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline